Gejala Ringan Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai, Diabaikan Bisa Berakibat Fatal

Rabu, 10 Agustus 2022 - 11:25 WIB
loading...
Gejala Ringan Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai, Diabaikan Bisa Berakibat Fatal
Terdapat sejumlah gejala ringan kolesterol tinggi yang harus diwaspadai. / Foto: ilustrasi/everlywell.com
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah gejala ringan kolesterol tinggi yang harus diwaspadai. Ya, masalah kolesterol tinggi bisa dikenali lewat tanda-tanda tak lazim yang muncul di tubuh.

Anda perlu tahu bahwa gejala-gejala ringan kolesterol tinggi yang harus diwaspadai, lantaran kerap diabaikan.

Kolesterol sendiri adalah zat seperti lemak yang sejatinya tetap dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk membran sel, hormon tertentu, dan vitamin D. Tapi, kalau kadar kolesterol sudah berlebihan, ini berisiko sebabkan masalah kesehatan.

Baca juga: 4 Telur yang Mengandung Kolesterol, Mana Paling Tinggi?

Di dalam pembahasan soal kolesterol, Anda juga perlu memahami bahwa ada yang namanya kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Bahkan, ada trigliserida atau jenis lipid yang berbeda dari kolesterol yang digunakan tubuh sebagai sumber energi tersimpan.

Untuk mengetahui berapa kadar LDL, HDL, atau trigliserida, diperlukan tes laboratorium dengan sampel darah. Dari sana nanti akan ketahuan berapa kadar kolesterol total Anda dan kalau LDL tinggi, biasanya muncul beberapa gejala di tubuh.

Nah, gejala tersebut ada yang sifatnya ringan. Gejala ini kerap diabaikan, sehingga membuat seseorang tidak cukup peduli pada kenaikan kadar kolesterol yang terjadi dalam tubuhnya.

So, apa gejala ringan kolesterol tinggi tersebut? Menurut laman Visit Complete Care, yang dikutip Rabu (10/8/2022), kolesterol tinggi itu biasanya memang tidak menimbulkan gejala apapun sampai akhirnya terjadi kondisi darurat.

"Satu-satunya cara untuk tahu apakah kadar kolesterol Anda tinggi, ya, melalui tes darah," terang laman kesehatan tersebut.

"Membiarkan kolesterol tidak diobati dapat menyebabkan penumpukan plak dari waktu ke waktu, merusak jantung dan menempatkan Anda pada risiko serangan jantung atau stroke," tambah laporan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2174 seconds (0.1#10.140)