Bikin Tidak Nyaman, Atasi Mata Bintitan dengan 9 Cara Mudah Berikut Ini

Rabu, 10 Agustus 2022 - 15:34 WIB
loading...
Bikin Tidak Nyaman, Atasi Mata Bintitan dengan 9 Cara Mudah Berikut Ini
Mata bintitan memang tidak begitu berbahaya terhadap penderitanya, namun hal tersebut tentunya cukup mengganggu saat melakukan aktivitas. / Foto: ilustrasi/KlikDokter
A A A
JAKARTA - Mata bintitan memang tidak begitu berbahaya terhadap penderitanya, namun hal tersebut tentunya cukup mengganggu saat melakukan aktivitas.

Bintitan atau hordeolum sendiri adalah benjolan pada kelopak mata yang disertai dengan tanda peradangan. Misalnya, berwarna merah, nyeri, sering juga menimbulkan rasa gatal dan mengganjal.

Dipicu infeksi bakteri, bintitan biasanya akan hilang sendiri dalam 1-2 minggu.

Meskipun jarang menyebabkan hal yang serius, bintitan membuat terasa tidak nyaman di area mata. Selain itu, bintitan bisa membuat seseorang jadi kurang percaya diri.

Nah, sebelum Anda memutuskan pergi ke dokter, ada beberapa cara mengatasi mata bintitan yang sederhana dan dapat Anda lakukan di rumah.

Langkah-langkah sederhana ini dapat mencegah bintitan makin parah sekaligus mempercepat proses penyembuhan. Berikut adalah cara-cara mengobati mata bintitan:

1. Cuci Tangan Sebelum Menyentuh Area Mata

Cara pertama untuk menghilangkan bintitan di mata adalah dengan menjaga kebersihan tangan sebelum menyentuh mata. Pasalnya, mata bintitan bisa disebabkan oleh daerah sekitar kelopak mata yang kotor.

Kotoran tersebut dapat menyumbat kelenjar pada kelopak mata sehingga timbul bintitan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mencuci tangan sebelum menyentuh mata. Bahkan, sebelum memberikan obat mata—baik tetes atau salep mata—sangat disarankan untuk mencuci tangan dengan bersih sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)