Buka Store Bakpia Wong, Baim Wong Berupaya Berdayakan UMKM di Yogyakarta

Rabu, 10 Agustus 2022 - 14:16 WIB
loading...
Buka Store Bakpia Wong, Baim Wong Berupaya Berdayakan UMKM di Yogyakarta
Baim Wong berkolaborasi dengan sejumlah UMKM lokal menghadirkan gerai oleh-oleh bernama Store Bakpia Wong. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Selepas melandainya pandemi Covid-19 di wilayah Indonesia, pemerintah terus mendorong sektor UMKM untuk kembali bangkit dan produktif.

Sektor UMKM dinilai menjadi energi yang mampu memberikan kekuatan perekonomian Indonesia terhadap goncangan krisis dunia. Pemerintah lewat beragam strateginya selalu berupaya agar UMKM di Indonesia menjadi roda penggerak perekonomian.

Ingin turut terlibat pergerakan ekosistem perekonomian di Tanah Air, selebritas kenamaan Baim Wong berkolaborasi dengan sejumlah UMKM lokal menghadirkan gerai oleh-oleh bernama Store Bakpia Wong.

Baca juga: Gejala Ringan Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai, Diabaikan Bisa Berakibat Fatal

Store Bakpia Wong memberdayakan sekitar 400 UMKM lokal untuk ikut berpartisipasi dalam mengedepankan produk-produk lokal yang berkualitas bagi para pelancong.

"Sejak awal, aku memang selalu ingin membuat sesuatu yang kental akan keindonesiaan. Dari sekian banyak yang terpikirkan, akhirnya aku coba menghadirkan salah satu makanan khas, Bakpia Wong. Bukan hanya Bakpia, yang lainnya juga ada. Intinya, store ini hanya menjual produk UMKM bukan produk luar," jelas Baim Wong dalam keterangan persnya, Rabu (10/8/2022).

Dengan memberdayakan 400 UMKM lokal, Store Bakpia Wong menghadirkan segala macam kebutuhan wisatawan akan khasanah kedaerahan. Mulai dari aneka ragam rasa Bakpia Wong kering berbagai rasa dan bakpia kukus (Pikaccu), kerajinan batik juga kerajinan tangan, oleh-oleh khas kerarifan lokal hingga produk-produk kebanggaan UMKM lainnya.

"Bukan hanya Bakpia Wong saja ya di store ini. Ada makanan lain enak-enak dan menarik juga nih. Selain itu di sini juga ada kerajinan batik. Batik Wong namanya dan masih banyak lagi," terang suami Paula Verhoeven ini.

Dengan keberadaan Bakpia Wong di tengah masyarakat Jogja, Baim berharap akan munculnya perputaran roda ekonomi yang positif dan bermanfaat bagi khalayak ramai.

"Sejujurnya saya ingin mewadahi para pemilik UMKM ini agar dapat memperkenalkan dan menjual produk-produknya yang berkualitas kepada masyarakat yang lebih luas lagi. Akhirnya kita coba wadahi itu dengan membuat satu rumah khusus untuk mereka di Store Bakpia Wong ini," papar bapak dua anak ini.

Baca juga: 17 Kasus Suspek Cacar Monyet Ditemukan, Masyarakat Diminta Tetap Waspada

Sementara itu, Store Bakpia Wong ini sendiri berada di pusat kota Yogyakarta, tepatnya di kawasan Jalan HOS Cokroaminoto.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1528 seconds (10.101#12.26)