Awas! Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kulit Cepat Tua, Hindari

Rabu, 10 Agustus 2022 - 19:02 WIB
loading...
Awas! Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kulit Cepat Tua, Hindari
Ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat kulit menjadi lebih cepat tua. Parahnya, kebiasaan tersebut sering dilakukan setiap hari. Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat kulit menjadi lebih cepat tua. Parahnya, kebiasaan tersebut sering dilakukan setiap hari. Padahal, memiliki kulit yang sehat dan awet muda impian banyak perempuan.

Karena itu, kesehatan kulit perlu dijaga dengan perawatan harian yang dilakukan secara konsisten. Perawatan sederhana yang bisa dilakukan untuk kesehatan kulit yakni, menjaganya tetap bersih dan terhidrasi.

Selain itu, jangan lupa juga melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan sunscreen. Sebab, kebiasaan sepele seperti lupa mengenakan sunscreen bisa membuat kulit cepat tua.

Hal itu diungkapkan dokter klinik kecantikan, dr Widya Rahayu Arini Putri dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntuklndonesia.


“Individu usia masih early 20, tapi dia timbul flek, itu mungkin banget. Biasanya, karena banyak faktor. Misalnya, lifestyle atau tidak concern akan pentingnya penggunaan sunscreen,” kata dr Widya dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo, Rabu (10/8/2022).

Dia menjelaskan, sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari papaan sinar matahari. Sebab, paparan sinar matahari tersebut dapat membuat kulit lebih cepat mengalami penuaan.

“(Paparan sinar matahari itu) ada UVA untuk aging, UVB untuk burning. Jadi, burning itu yang membuat gelap, dan UVA itu untuk aging. Nah, keduanya ini kalau kita enggak ada perlindungan, akan menyebabkan kulit lebih cepat menua,” jelas dr Widya.

Dia menyarankan, agar setiap orang tidak lupa mengenakan sunscreen di pagi hari. Tidak hanya saat ingin beraktivitas di luar rumah, tetapi juga bila berkegiatan di dalam ruangan atau indoor.


“Kalau memilih sunscreen itu harus memperhatikan kandungan SPF dan PA-nya berapa. Karena, SPF itu untuk melindungi UVB, kalau PA itu, UVA, sehingga yang ideal itu kalau di Indonesia minimal SPF 30 PA++,” tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)