5 Tips Mencegah Asam Urat pada Lansia

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 16:14 WIB
loading...
5 Tips Mencegah Asam Urat pada Lansia
Asam urat rentan menyerang para lansia. Foto/K health
A A A
JAKARTA - Asam urat atau gout bisa menyerang siapa saja, tapi lebih rentan dialami oleh lansia. Rasa sakit yang ditimbulkan cukup mengganggu.

Sering kali gejala asam urat yang dialami tergolong berat, seperti yang terjadi saat serangan akut. Namun terkadang, kondisi ini tidak menimbulkan gejala, yang dikenal sebagai remisi.

Tidak ada obat yang mampu menyembuhkan gout. Kendati demikian, kadar asam urat dalam tubuh dapat dikontrol. Selain dengan obat rutin, asam urat pada lansia bisa dicegah dengan menerapkan berbagai strategi berikut:

Baca Juga : Perbedaan Kolesterol dan Asam Urat yang Perlu Diketahui, Kenali dan Waspada

1. Mengatur Pola Makan

Hindari makanan yang dapat memicu terjadinya serangan asam urat, seperti daging merah, jeroan, serta makanan laut. Tak hanya itu, batasi konsumsi alkohol, terutama bir, brandy, dan wiski.

Konsumsi alkohol menghambat kemampuan tubuh untuk mengeluarkan asam urat, meningkatkan risiko tingginya kadar asam urat dalam tubuh, dan menimbulkan serangan.

2. Aktif Secara Fisik

Salah satu penyebab asam urat pada lansia adalah gaya hidup sedenter atau tidak banyak beraktivitas. Oleh sebab itu, aktif secara fisik dapat menjadi cara mencegah penyakit asam urat.

Lakukanlah olahraga secara aktif yakni 150 menit per minggu dengan intensitas sedang. Pada intensitas sedang, seseorang akan terengah-engah apabila berusaha berbicara satu kalimat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3452 seconds (11.210#12.26)