5 Grup Musik Paling Populer dari Generasi ke Generasi

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 07:13 WIB
loading...
5 Grup Musik Paling Populer dari Generasi ke Generasi
The Beatles merupakan salah satu grup musik pria paling populer di dunia, lagu-lagunya telah membawanya berkeliling dunia dalam tur konser. / Foto: allthingsloud.com
A A A
JAKARTA - Musik menjadi bagian dari aktivitas masyarakat sehari-hari. Setiap tahunnya selalu ada musik baru dari berbagai genre yang tercipta. Tidak sedikit dari lagu-lagu tersebut yang populer dan laris di pasaran, bahkan sampai kancah internasional.

The Beatles merupakan salah satu grup musik pria paling populer di dunia. Lagu-lagunya telah membawa mereka berkeliling dunia dalam tur untuk menyapa para penggemar.

Namun, The Beatles bukanlah satu-satunya grup musik pria yang populer. Siapa saja mereka? Berikut grup musik terkenal dari generasi ke generasi.

Baca juga: Berkat Anjuran Dokter, Jamaah Haji Ini Buktikan Keampuhan Terapi Kurma ala Rasulullah

1. The Beatles

5 Grup Musik Paling Populer dari Generasi ke Generasi

(Foto: guinnessworldrecords.com)

The Beatles merupakan sebuah grup band rock n roll asal Inggris yang terbentuk pada 1962. Grup ini berhasil mencetak sejarah dalam dunia musik dengan menghasil lagu-lagu yang melegenda.

Tidak hanya di Britania Raya, musik dan penjualan album mereka laris di berbagai belahan dunia. Grup yang terdiri dari John Lennon, Paul McCartney, Ringo Starr, dan George Harrison ini bahkan memecahkan rekor sebagai grup musik dengan penjualan album tertinggi. Musik mereka telah menginspirasi banyak musisi, penulis lagu, dan produser musik.

Pengaruhnya pada dunia musik, membuat dua dari empat anggota The Beatles mendapatkan gelar bangsawan Kerajaan Inggris. Mereka adalah Paul dan Ringo, yang memperoleh gelar 'Knight'. Sayang, pada 1970, grup legendaris ini menyatakan bubar.

Orang-orang menduga bahwa Paul adalah sosok yang menyebabkan bubarnya grup lantaran dia sempat menulis album solo berjudul Mc Cartney pada 1970. Namun, Paul menyatakan pada BBC bahwa bukan dialah penyebab bubarnya The Beatles, melainkan John Lennon.

Kendati demikian, lagu mereka tetap menjadi lagu yang ikonis dan bersejarah dalam dunia permusikan.

2. Queen

5 Grup Musik Paling Populer dari Generasi ke Generasi

(Foto: rollingstone.com)

Freddie Mercury menjadi salah satu tokoh legendaris dalam industri musik. Namanya tidak dapat lepas dari grup musik legendaris, Queen.

Nama band rock asal Inggris ini begitu melekat berkat lagu-lagunya yang medunia. Bahkan, masih banyak lagu Queen yang sering diputar hingga saat ini, seperti We Are The Champion, We Will Rock You, dan Bohemian Rapsody.

Band yang terbentuk pada 1970 ini memulai rekaman pertamanya tepat setelah kelulusan dan memulai tur pertamanya pada 1973.

Suara Freddie yang khas dengan aliran musik rock yang mencolok menerima banyak antusias dari para pendengar. Queen meraih puncak popularitasnya setelah meluncurkan album A Night at the Opera pada 1975, di mana dalam album tersebut terdapat lagu Bohemian Rhapsody yang fenomenal.

Sayang, di tengah-tengah kesuksesan Queen, tercuat kabar bahwa Freddie mengidap penyakit AIDS. Kabar tersebut dibantah Freddie dan rekan-rekannya.

Namun, kecurigaan penggemar terus bertambah seiring bertambah buruknya kesehatan Freddie. Sampai akhirnya, pentolan band Queen itu ditemukan meninggal di kediamannya pada 24 November 1991.

3. Westlife

5 Grup Musik Paling Populer dari Generasi ke Generasi

(Foto: The Daily Edge)

Anak generasi 1990-an tentunya pernah mendengar grup band Westlife. Boyband asal Irlandia ini memulai debutnya pada 1999. Musik-musiknya yang populer pada 1990-an dan 2000-an awal bagaikan kenangan yang indah.

Perjalanan karier Westlife dimulai dari sebuah drama musikal yang dibawakan oleh Kian Egan, Mark Feehily, dan Shane Filan. Setelah sukses dengan drama tersebut, mereka memutuskan untuk membentuk grup dan merilis album.

Karena dirasa band mereka membutuhkan vokal yang harmonis, ketiga laki-laki itu memutuskan untuk mencari personel baru dan terpilihlah Nicky Byrne dan Brian McFadden.

Sejak debut pada 1999, grup ini telah memecahkan tangga musik Britania Raya. Popularitas mereka semakin bertambah ketika mengeluarkan single berjudul Swear It Again yang menjadi best seller.

Akan tetapi, Brian McFadden memutuskan untuk hengkang pada 2004 demi menghabiskan waktu bersama keluarganya. Pada 2012, grup ini secara resmi memutuskan untuk bubar dengan tur terakhir mereka di Stadion Croke Park, Dublin.

Westlif emengadakan reuni pada 2018 dan kembali menulis cerita di dunia musik. Tentunya hal ini mendorong antusiasme penggemar. Saking tingginya animo, membuat tiket konser Westlife di Indonesia terjual habis dalam waktu 24 jam.

4. One Direction

5 Grup Musik Paling Populer dari Generasi ke Generasi

(foto: lehren.com)

Jika membicarakan grup musik terkenal, tidak lengkap rasanya untuk tidak membicarakan One Direction. Grup yang terbentuk pada 2010 ini telah menghebohkan dunia sejak perilisan single pertamanya yang berjudul What Makes You Beautiful.

Grup yang terdiri dari Harry Styles, Liam Payne, Zayn Malik, Niall Horan, dan Louis Tomlinson ini terbentuk dari sebuah audisi ajang pencarian bakat X-Factor seri ke-7. Walaupun tidak memenangi ajang tersebut, nama One Direction mampu mencetak kesuksesan yang gemilang.

Album pertama mereka, Up All Night menjadi album dengan penjualan tercepat di Inggris dan Irlandia saat itu. Selama perjalanan kariernya, grup asal Inggris ini mempunyai banyak penggemar di berbagai belahan dunia. Mereka telah melakukan tur dan menerima berbagai penghargaan.

Pada Maret 2015, Zayn Malik memutuskan untuk hengkang tepat saat grup itu mengadakan konser di Indonesia. Namun begitu, One Direction tetap melanjutkan perjalanannya. Hingga pada Juli 2015, para anggota One Direction secara resmi menyatakan bahwa mereka akan hiatus.

5. BTS

5 Grup Musik Paling Populer dari Generasi ke Generasi

(Foto: Twitter)

Industri musik Korea Selatan makin populer. Berbagai lagu dari boy band dan girl group Korea mengisi berbagai tangga lagu dan playlist, termasuk lagu-lagu dari BTS.

Grup asal Korea Selatan ini telah mencetak banyak prestasi yang luar biasa. Dikenal juga sebagai Bangtan Boys atau Bangtan Sonyeondan, grup ini melakukan debutnya pada 2013 dengan lagu No More Dream.

Mereka berhasil mencapai puncak keemasannya dan menjadi boy band nomor satu di Korea. Di bawah naungan Big Hit Entertainment, BTS berhasil menggaet banyak penggemar di seluruh dunia dengan popularitas lagunya.

Baca juga: Gara-Gara Ini, Aurel Hermansyah Ingin Ameena Sekolah di Luar Negeri

Beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook, BTS bahkan pernah diutus presiden Moon Jae In untuk menghadiri Sidang Umum PBB ke-76 di kota New York. Selain itu, mereka juga telah berkolaborasi dengan penyanyi-penyanyi terkenal dari berbagai mancanegara seperti Halsey, SIA, dan Coldplay.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)