6 Ikan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat, Wajib Ada di Rumah

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 16:24 WIB
loading...
6 Ikan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat, Wajib Ada di Rumah
Ada enam ikan yang bisa menurunkan kolesterol jahat. Makanan ini wajib ada di rumah lantaran tak hanya enak tapi bisa menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada enam ikan yang bisa menurunkan kolesterol jahat . Makanan ini wajib ada di rumah lantaran tak hanya enak tapi terbukti bisa menurunkan kolesterol jahat dalam darah yang menyebabkan masalah kesehatan seperti stroke dan serangan jantung.

Ikan yang dimaksud merupakan ikan berlemak. Berdasarkan sejumlah penelitian, konsumsi ikan berlemak dapat memperlambat akumulasi plak di arteri. Ikan jenis ini juga dapat mengurangi risiko kematian mendadak pada orang yang telah mengalami serangan jantung.

Untuk mendapatkan manfaatnya, ikan disarankan dipanggang atau dikukus, bukan digoreng. Hindari menggunakan mentega dan sebagai gantinya gunakan minyak zaitun serta perasa seperti jeruk, bawang putih dan kecap.

Cara ini bisa membantu untuk menghindari penambahan lemak jahat yang berkontribusi pada kolesterol tinggi. Berikut daftar ikan yang bisa menurunkan kolesterol jahat seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (13/8/2022).


1. Sarden

6 Ikan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat, Wajib Ada di Rumah

Foto/Getty Images

Konsumsi ikan sarden bisa meningkatkan kolesterol baik. Ikan berlemak, seperti sarden, mengandung jenis asam lemak omega-3 esensial yang dikenal sebagai asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Linus Pauling Institute melaporkan bahwa 3 ons sarden menyediakan 45 gram EPA dan 74 gram DHA, menjadikannya salah satu sumber terbaik asam lemak esensial yang menyehatkan jantung.

2. Makarel

6 Ikan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat, Wajib Ada di Rumah

Foto/Getty Images

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ikan makarel secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, meminimalkan ukuran pinggang, melindungi dari depresi, dan menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Ikan jelas ini merupakan tambahan yang bagus untuk diet sehat dan seimbang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2176 seconds (0.1#10.140)