Ranah Minang, Destinasi Wisata yang Tawarkan Kekayaan Budaya dan Keajaiban Alam

Senin, 15 Agustus 2022 - 21:00 WIB
loading...
Ranah Minang, Destinasi Wisata yang Tawarkan Kekayaan Budaya dan Keajaiban Alam
Danau Singkarak yang merupakan danau terluas kedua setelah Danau Toba. Danau Singkarak memiliki luas 107 km persegi.
A A A
PADANG - Pandemi Covid-19 sudah bisa dikendalikan. Yuk saatnya kita kunjungi tempat-tempat menarik, tapi di Indonesia saja yaa. Tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan. Kali ini, kita kunjungi tempat yang salah kulinernya yaitu Rendang, telah diakui oleh dunia. Yup, Tanah Minang yang kuliner yang mendunia, tetapi juga spot-spot wisata yang menakjubkan.

Salah satunya adalah Danau Singkarak yang merupakan danau terluas kedua setelah Danau Toba. Danau Singkarak memiliki luas 107 km persegi. Tak hanya luasnya yang bikin decak kagum, tapi pemandangan danau yang masuk di wilayah Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok, Sumatera Barat ini cantik luar biasa. Banyak spot cantik untuk berswa poto dengan latar belakang danau yang terhampar luas.

Di tempat ini Anda juga bisa menyewa perahu. Sehingga bisa berkesempatan foto di tengah-tengah danau dengan menaiki perahu. Seru bukan?

Di danau ini kita juga bisa turut menjala ikan bilih secara tradisional lho, yaitu dengan sampan. Istilah lokalnya manjala di atas sampan. Menurut nelayan setempat, waktu paling pas menjala, yakni di pagi hari.

Oh ya, satu lagi kegiatan menarik di Danau Singkarak yaitu menyaksikan pacu biduak atau adu cepat pacu biduak. Acara ini digelar setahun sekali. Meski hanya setahun sekali tetapi sehari-hari wisatawan bisa turut berlatih dan menjajal serunya adu cepat pacu perahu atau biduk. Lumayan memacu andrenalin dan menjadi pengalaman seru pastinya.
Ranah Minang, Destinasi Wisata yang Tawarkan Kekayaan Budaya dan Keajaiban Alam

Setelah puas menikmati keindahan dan keseruan aktivitas di Danau Singkarak, Anda bisa bergeser ke Kampuang Minang Nagari Sumpu. Desa ini dinobatkan Menparekraf menjadi salah satu Desa Wisata.

Di balik keindahannya, desa ini juga menyimpan beragam kekayaan budaya. Salah satunya adalah rumah gadang atau rumah besar. Di desa ini ini kita bisa mengunjungi rumah gadang yang sangat otentik. Tak hanya itu, kita bisa juga merasakan sensasi menginap di rumah gadang.

Selain unik, rumah gadang memiliki filosofis yang luhur. Rumah gadang menurut Zuherman, Ketua Pokdarwis, memiliki corak yang berbeda satu dengan lainnya. “Ukiran rumah gadang mencerminkan pribadi pemiliknya. Jadi, kita bisa mengetahui bagaimana kepribadian pemilik bisa dilihat dari ukiran rumahnya, “ ucapnya.

Rumah gadang, biasanya memiliki ruangan yang berjumlah ganjil dan memiliki ciri khas arsitektur yang khas di bagian atap yang meruncing ke atas seperti tanduk kerbau. Ciri khas ini melambangkan kemenangan orang Minang atas penyerangan Majapahit di masa lampau.

Menariknya, jika menginap di rumah gadang ini, Anda berkesempatan menyantap masakan lezat khas padang. Sebuah pengalaman yang tentunya tak akan terlupakan.

Masakan padang memang memiliki daya magnet yang kuat, bukan hanya bagi warga Padang, tetapi semua lidah bisa menerima dan menikmatinya. Tak heran, melalui pendampingan Kemenparekraf, desa wisata ini juga menyuguhkan kegiatan memasak sebagai paket wisata yang siap dinikmati pelancong.
Ranah Minang, Destinasi Wisata yang Tawarkan Kekayaan Budaya dan Keajaiban Alam

Rita Pokdarwis Divisi Kuliner mengatakan wisatan akan belajar hingga mencicipi masakan khas Minang yang melegenda yaitu rendang. “Rendang di sini rasanya lebih nikmat dibanding rendang yang lain,“ katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2348 seconds (0.1#10.140)