Menikmati Keelokan Desa Wisata Ara Kabupaten Bulukumba Sulawesi

Selasa, 16 Agustus 2022 - 22:15 WIB
loading...
Menikmati Keelokan Desa Wisata Ara Kabupaten Bulukumba Sulawesi
Desa wisata Ara Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan memiliki 1001 pesona wisata alam yang mempesona. Keping megah yang menguji nyali, cinderamata keren, hingga wisata kuliner yang lezat ada di sana.
A A A
BULUKUMBA - Desa wisata Ara Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan memiliki 1001 pesona wisata alam yang mempesona. Keping megah yang menguji nyali, cinderamata keren, hingga wisata kuliner yang lezat ada di sana.

Desa wisata Ara sendiri terletak sekitar 190 Km dari Makassar atau sekitar lima jam perjalanan dengan menggunakan mobil. Meskipun jaraknya terlihat sangat jauh, namun ketika sampai disana rasa lelah dan letih langsung hilang melihat keelokan Desa Wisata Ara.

Sebelum sampai ke Desa Wisata Ara, salah satu destinasi yang wajib dikunjungi oleh pelancong yakni Pantai Bira yang merupakan titik menuju ke pulau kambing yang merupakan tempat yang indah untuk menyelam.

Di sana pelancong bisa melihat keindahan bawah laut dengan warna-warni terumbu karang dah jernihnya air laut. Tak hanya itu saja, saat menyelam juga jika beruntung Anda bisa menjumpai kehidupan laut lainnya seperti sotong hingga predator laut yang berenang bebas.

Selesai menyelam energi pasti terkuras untungnya di Pantai Bira banyak terdapat rumah makan. Salah satu yang menarik adalah ‘Restoran Anda’ yang unik karena bentuknya yang mirip dengan Kapal Pinisi yakni kapal kebanggaan Suku Bugis.

Ciri khas dari Kapal Pinisi adalah memiliki dua tiang utama dan tujuh layar, tiga layar di bagian depan dua layar di tengah dan dua layar di belakang. Ketujuh layar ini fungsinya adalah untuk membantu kapal bermanuver mengarungi lautan. Selain itu jumlah layar melambangkan tujuh samudera yang mampu ditaklukkan oleh sang Pinisi.

Diperkirakan Kapal Pinisi telah dibuat sejak abad ke-14. Dulu, Pinsi kerap digunakan untuk mengangkut barang dan menangkap ikan yang sekarang banyak digunakan sebagai kapal mewah untuk para wisatawan. Pada Desember 2017 yang lalu, UNESCO pun meresmikan Pinisi sebagai warisan tak benda dunia.
Menikmati Keelokan Desa Wisata Ara Kabupaten Bulukumba Sulawesi

Keterampilan Suku Bugis dalam membuat Kapal Pinisi membuat siapapun pasti takjub dan penasaran. Sebab Kapal Pinisi merupakan kapal yang gagah saat mengarungi samudera, dan Indonesia patut berbangga sebab Desa Wisata Ara merupakan gudangnya tangan-tangan terampil membuat Kapal Pinisi.

Sesampainya di Desa wisata Ara Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan, tempat pertama yang wajib dikunjungi adalah Tebing Apparalang. Dalam bahasa Konjo ‘Appa’ memiliki arti ujung dan ‘larang ‘ artinya dalam alias curam .

Pertama kali menginjakkan kaki ke tebing ini, pemandangan tebing-tebing memanjang dan curam akan menyambut para pelancong dengan pemandangannya yang sangat memesona.

Bukit Apparalang sendiri masih berada dalam satu kawasan Desa Ara, di sana selain bisa menikmati pemandangan yang sangat cantik dan memesona juga bisa melakukan panjat tebing.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1061 seconds (10.177#12.26)