5 Cara Cerdas Mengontrol Porsi Makan untuk Berat Ideal

Selasa, 30 Juni 2020 - 18:30 WIB
loading...
5 Cara Cerdas Mengontrol Porsi Makan untuk Berat Ideal
Untuk mengurangi berat badan dan mencegah penyakit, Anda harus menjaga kesehatan dan mengatur porsi makan menjadi salah satunya. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Aturan utama untuk menjadi lebih sehat dan bugar adalah makan yang bersih. Selain itu, makanan yang mengandung lebih sedikit bumbu, gula, minyak, dan lemak sangat penting untuk mengurangi berat badan dan mencegah penyakit.

Porsi makan juga penting. Terlalu mudah untuk makan banyak tanpa menyadari bahwa Anda terlalu banyak makan ukuran porsi yang disarankan. Untuk mengatur porsi makan, seperti dilansir Times of India. Ada 5 cara cerdas mengontrol ukuran porsi ketika mencoba untuk membentuk berat badan ideal .

1. Gunakan piring kecil
Salah satu hal termudah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari terlalu banyak makan adalah menggunakan alat yang kecil untuk makan. artinya, jika Anda menggunakan piring kecil dan sendok kecil, secara tidak sadar dapat memengaruhi jumlah makanan yang dimakan.

Kita semua memiliki kebiasaan mengisi piring dengan makanan. Saat kami menggunakan piring besar, kemungkinan porsi makan juga akan meningkat. Untuk menghindari hal ini, disarankan makan menggunakan piring dan sendok kecil.

2. Hindari makan langsung dari wadah
Makan dari paket ukuran jumbo atau wadah besar juga mendorong makan berlebihan. Orang-orang pada umumnya tidak mengerti berapa banyak yang mereka makan dan cenderung makan berlebihan tanpa menyadarinya.

Ini khususnya terjadi pada camilan dan kacang-kacangan. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa orang cenderung makan lebih banyak dari paket besar dibandingkan dengan yang lebih kecil. Jadi, ambil beberapa makanan ringan di piring, kemudian makan. (Baca juga: Frekuensi Berhubungan Seks, Benarkah Jadi Patokan Kebahagiaan Pasangan? ).

3. Gunakan tangan sebagai penuntun
Jika Anda tidak mengetahui ukuran penyajian yang benar, gunakan tangan Anda sebagai panduan penyajian. Tangan kita sebanding dengan tubuh kita. Jadi, pada akhirnya orang yang lebih besar memiliki tangan yang lebih besar sehingga ukuran penyajian akan lebih untuk memenuhi kebutuhan. Piring Anda harus diisi dengan: Makanan kaya protein: Sajian sawit, sayuran dan salad: sebagian dari kepalan tangan, makanan kaya karbohidrat: Satu porsi cupped-hand, dan makanan tinggi lemak: satu porsi seukuran ibu jari.

4. Menyimpan jurnal makanan
Mungkin terlihat tidak penting bagi Anda untuk melacak makanan yang Anda makan dalam sehari, tetapi secara praktis strategi ini berhasil. Mencatat makanan yang Anda miliki dalam sehari dan ukuran porsi meningkatkan kesadaran akan jenis dan jumlah makanan yang Anda konsumsi. Menyimpan buku harian makanan membantu Anda untuk tetap berada di jalur yang benar.

5. Mulailah dengan segelas air
Minum air 30 menit sebelum waktu makan Anda dapat menekan rasa lapar dan membuat Anda makan lebih sedikit. Orang sering bingung antara lapar dan haus. Memadamkan rasa haus akan memudahkan Anda untuk menentukan seberapa lapar Anda sehingga disarankan untuk minum segelas air sebelum makan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1659 seconds (0.1#10.140)