Tidur Seranjang dengan Pasangan Gay, Anjing Peliharaan Terinfeksi Cacar Monyet

Selasa, 16 Agustus 2022 - 08:40 WIB
loading...
Tidur Seranjang dengan Pasangan Gay, Anjing Peliharaan Terinfeksi Cacar Monyet
Seekor anjing greyhound Italia yang dimiliki pasangan gay positif cacar monyet. Ini merupakan kasus pertama manusia menularkan virus monkeypox ke hewan peliharaan. Foto/Ilustrasi/Reuters
A A A
JAKARTA - Seekor anjing peliharaan jenis greyhound Italia yang dimiliki pasangan gay positif cacar monyet . Ini merupakan kasus pertama manusia menularkan virus monkeypox ke hewan peliharaan.

Pasangan gay tersebut diyakini sudah terinfeksi cacar monyet sebelumnya. Menurut laporan Lancet Medical Journal, anjing tersebut tidur satu ranjang dengan pasangan gay itu dan sempat menjilat kulit pemiliknya.

Sampai akhirnya ditemukan ada pustula di perut anjing tersebut, kemudian pemiliknya langsung melakukan tes PCR cacar monyet dan hasilnya positif. Ya, anjing tersebut tertular cacar monyet dari pasangan gay itu.

Pasangan gay asal Perancis tersebut diidentifikasi berusia 44 dan 27 tahun. Mereka menderita bisul dan ruam yang banyak ditemukan di tubuhnya sejak dikonfirmasi cacar monyet pada Juni 2022.



"12 hari setelah dinyatakan positif cacar monyet, anjing peliharaan mereka pun menunjukan gejala terinfeksi virus cacar monyet," terang laporan tersebut, dikutip MNC Portal, Selasa (16/8/2022).

Di sisi lain, pasangan gay itu menjamin bahwa anjing mereka terisolir dari hewan maupun manusia lain. Hal ini sejalan dengan upaya isolasi mandiri yang dilakukan kedua pria tersebut karena sama-sama terinfeksi monkeypox juga.

Karena adanya temuan ini, pejabat kesehatan meminta agar siapapun yang terinfeksi cacar monyet agar menjauhkan diri dari hewan peliharaannya. Ini penting dilakukan untuk menghentikan penularan virus.

"Di negara endemik, hanya hewan liar seperti tikus dan primata yang membawa virus monkeypox. Tapi, dari laporan ini jelas bahwa kini virus bisa dibawa oleh hewan peliharaan yang begitu dekat dengan manusia," tambah laporan itu.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2377 seconds (0.1#10.140)