Mengenal Allantoin dan Manfaatnya untuk Kulit

Selasa, 16 Agustus 2022 - 13:37 WIB
loading...
Mengenal Allantoin dan Manfaatnya untuk Kulit
Allantoin mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Industri kecantikan terus mengalami perkembangan. Berbagai bahan-bahan pun diuji efektivitasnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Belakangan, Allantoin sedang banyak diperbincangkan oleh masyarakat sebagai salah satu bahan skincare yang baik untuk kulit.

Hal ini bermula dari banyaknya produk skincare asal Korea yang menggunakan Allantoin sebagai kandungan utamanya, yang seringkali digunakan dalam produk perawatan untuk kulit berjerawat atau produk-produk sun care.

Allantoin sendiri merupakan senyawa alami yang diperoleh dari organisme, baik bakteri, hewan, dan juga tanaman. Fungsi Allantoin adalah mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan baru pada kulit.

Menurut pakar kimia kosmetik Ginger King, Allantoin aman dan baik digunakan bagi mereka yang memiliki kulit sensitif dan cenderung mudah mengalami alergi karena dapat menenangkan kulit dan memiliki efek antiinflamasi.



Hasil uji coba di laboratorium pun menunjukkan, Allantoin berkhasiat sebagai antioksidan, juga dapat menyamarkan garis-garis halus. Bahkan bisa merangsang produksi kolagen serta mencegah hilangnya kelembaban dari kulit.

Berikut adalah beberapa manfaat Allantoin untuk kulit menurut para ahli dari US National Library of Medicine antara lain adalah sebagai berikut.

Mempercepat proses pertumbuhan sel dan jaringan kulit baru yang lebih sehat, sehingga sel kulit mati dapat tergantikan dalam waktu yang lebih singkat.

Menghidrasi dan melembabkan kulit.

Mengecilkan pori-pori kulit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3364 seconds (0.1#10.140)