Bisa Sebabkan Kematian, Ini Langkah Mengobati Kanker Payudara

Selasa, 16 Agustus 2022 - 22:24 WIB
loading...
Bisa Sebabkan Kematian, Ini Langkah Mengobati Kanker Payudara
Kanker payudara bisa diobati dan disembuhkan, namun mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengetahui langkah pengobatannya. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Adik perempuan Ozy Syahputra mengembuskan napas terakhir karena kanker payudara. Penyakit ini pun menarik perhatian publik.

Merangkum dari berbagai sumber, kanker payudara bisa diobati dan disembuhkan. Namun, mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengetahui langkah pengobatannya.

Seperti menukil laman kesehatan Healthline, mengobati kanker payudara harus didahului dengan pemeriksaan dokter. Ini guna mengetahui kondisi dan menentukan langkah selanjutnya untuk perawatan atau pengobatan.

Baca juga: Merenggut Nyawa Adik Ozy Syahputra, Cegah Kanker Payudara dengan Mengenali Gejalanya

"Kanker payudara diobati dengan beberapa cara. Hal ini tergantung pada jenis kanker payudara dan seberapa jauh penyebarannya. Orang dengan kanker payudara sering mendapatkan lebih dari satu jenis pengobatan," sebut CDC dalam laman resminya cdc.gov, dikutip Selasa (16/8/2022).

Pembedahan adalah pengobatan yang paling umum untuk kanker payudara. Banyak orang memiliki perawatan tambahan, seperti kemoterapi, terapi bertarget, radiasi, atau terapi hormon.

1. Operasi

Beberapa jenis operasi dapat digunakan untuk mengangkat kanker payudara, di antaranya:

- Lumpektomi. Prosedur ini mengangkat tumor dan beberapa jaringan di sekitarnya, membiarkan sisa payudara tetap utuh.

- Mastektomi. Dalam prosedur ini, ahli bedah mengangkat seluruh payudara.

- Biopsi nodus sentinel. Operasi ini mengangkat beberapa kelenjar getah bening yang menerima drainase dari tumor.

- Diseksi kelenjar getah bening aksila. Jika kelenjar getah bening yang diangkat selama biopsi simpul sentinel mengandung sel kanker, dokter Anda mungkin mengangkat kelenjar getah bening tambahan.

- Mastektomi profilaksis kontralateral. Meskipun kanker payudara mungkin hanya ada pada satu payudara, beberapa orang memilih untuk menjalani mastektomi profilaksis kontralateral.

2. Terapi Radiasi

Pengobatan dengan terapi radiasi, sinar radiasi bertenaga tinggi digunakan untuk menargetkan dan membunuh sel kanker. Kebanyakan perawatan radiasi menggunakan radiasi sinar eksternal.

3. Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan obat yang digunakan untuk menghancurkan sel kanker. Beberapa orang mungkin menjalani kemoterapi sendiri, tetapi jenis perawatan ini sering digunakan bersama dengan perawatan lain, terutama pembedahan.

Baca juga: 4 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari untuk Mencegah Darah Tinggi, Nomor 2 Dilakukan Setiap Hari

4. Terapi Hormon

Jika jenis kanker payudara sensitif terhadap hormon, dokter mungkin akan memberi Anda terapi hormon. Tindakan ini dapat membantu memperlambat dan mungkin menghentikan pertumbuhan kanker.
(nug)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1821 seconds (11.252#12.26)