4 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari untuk Mencegah Asam Urat

Rabu, 17 Agustus 2022 - 08:48 WIB
loading...
4 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari untuk Mencegah Asam Urat
Asam urat yang tinggi pada tubuh bisa memicu rasa nyeri seperti tertusuk jarum. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Asam urat pada umumnya dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Asam urat ini larut dalam darah yang melewati ginjal dan keluar dari tubuh melalui urin.

Efek asam urat yang tinggi pada tubuh bisa memicu rasa nyeri seperti tertusuk jarum. "Terkadang asam urat bisa menumpuk dan membentuk kristal seperti jarum. Ketika mereka terbentuk di persendian, itu sangat menyakitkan. Kristal juga dapat menyebabkan batu ginjal," demikian keterangan yang dikutip dari laman MedlinePlus, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga: Benarkah Penderita Asam Urat Tidak Boleh Konsumsi Kacang?

Asam urat yang tinggi bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk penderitanya dalam hal mengonsumsi makanan/minuman. Jadi, kebiasaan buruk apa aja yang harus dihindari untuk mencegah penyakit tersebut? Berikut ulasannya, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Minum Bir

Bagi Anda yang memiliki kadar asam urat tinggi, kebiasaan ini harus dihilangkan. Sebab, bir memiliki kandungan purin tinggi yang akan diubah menjadi asam urat di dalam tubuh.

Sebuah penelitian menemukan bahwa bir beralkohol meningkatkan asam urat sebesar 6,5% dan bir nonalkohol meningkatkannya 4,4%.

2. Minum Soda

Umumnya minuman bersoda disukai oleh mereka yang berusia muda. Hati-hati! Ternyata minuman ini bisa memicu asam urat juga.

Melansir Arthritis, orang yang suka minum minuman manis (termasuk soda dan jus buah), lebih mungkin menderita asam urat. Hal itu juga diperkuat oleh penelitian yang menunjukkan bahwa fruktosa bisa meningkatkan kadar asam urat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1700 seconds (11.252#12.26)