Apakah Durian Menyebabkan Kolesterol Tinggi? Ini Faktanya

Rabu, 17 Agustus 2022 - 10:01 WIB
loading...
Apakah Durian Menyebabkan Kolesterol Tinggi? Ini Faktanya
Kolesterol bisa dikontrol dengan menjaga pola makan. Apakah durian termasuk makanan yang menyebabkan kolesterol tinggi? Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Kolesterol bisa dikontrol dengan menjaga pola makan. Diketahui, beberapa makanan memang mengandung kolesterol tinggi sehingga patut dibatasi jumlah konsumsinya.

Jadi pertanyaan banyak orang, apakah durian juga mengandung kolesterol tinggi?

Durian sendiri merupakan salah satu buah tropis yang cukup digemari banyak orang. Meskipun aromanya sangat menyengat, namun buah satu ini memiliki rasa manis serta tekstur daging buah yang lembut dan creamy. Hanya, sebagian orang kerap mengatakan, jangan terlalu banyak memakannya karena durian dapat memicu kolesterol yang tinggi.

Baca Juga: 9 Cara Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat dan Menaikkan Kolesterol Baik

Lantas, apakah benar durian dapat menyebabkan kolesterol tinggi, sehingga penderita harus berhati-hati memakannya?

Mengutip berbagai sumber, durian sebenarnya tidak seburuk yang dibayangkan lho. Buah ini sama sekali tidak mengandung kolesterol tinggi, sehingga sangat aman dikonsumsi.

Menurut Database Nutrisi Nasional USDA, durian tidak mengandung kolesterol sama sekali. Fakta ini mungkin tak mengejutkan bagi mereka yang memiliki pengetahuan tentang biologi tumbuhan, karena tumbuhan tidak mengandung kolesterol. Tidak seperti kebanyakan produk olahan susu.

Sementara itu, menurut Dr. Abel Soh, seorang ahli endokrin di Raffles Diabetes dan Endocrine Center, durian mengandung lemak tak jenuh tunggal, di mana hal ini dapat membantu menurunkan kadar beberapa jenis lemak dalam tubuh seperti trigliserida dan kolesterol jahat.

Kemudian, kandungan nutrisi dalam durian pun sangat tinggi. Melansir laman Healthline, di dalam satu cangkir (243 gram) buah durian terdapat beberapa nutrisi, yaitu:

Baca Juga: Apakah Pete Mengandung Kolesterol? Begini Penjelasannya
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1865 seconds (11.252#12.26)