Top 5 Lauk yang Indonesia Banget untuk Rayakan Kemerdekaan!

Rabu, 17 Agustus 2022 - 12:41 WIB
loading...
Top 5 Lauk yang Indonesia Banget untuk Rayakan Kemerdekaan!
Lauk khas Indonesia yang nikmat dan menggugah selera. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Berkat perjuangan para pahlawan kita terdahulu, Indonesia telah 77 tahun merdeka. Setiap tahunnya, masyarakat punya caranya masing-masing untuk merayakan kemerdekaan. Mulai dari berlomba, berwisata, serta melakukan hal-hal kreatif lainnya.

Merayakan kemerdekaan tak harus selalu berpesta yang pada umumnya membutuhkan biaya tak sedikit. Jika saat ini kondisi dompet Anda sedang menipis, masih ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan kemerdekaan Tanah Air tercinta.

Misalnya, dengan memasak hidangan sederhana dari berbagai daerah. Selain bisa menikmati lezatnya hidangan tersebut, Anda juga bisa mempelajari beragam kuliner dari berbagai wilayah di Indonesia. Nah, berikut adalah top 5 lauk yang Indonesia banget untuk merayakan kemerdekaan!

Sate Padang

Hidangan khas Sumatera Barat ini hadir dalam 3 jenis, yakni sate padang, sate padang panjang, dan sate pariaman. Selain berbeda daerah asalnya, ketiga sate tersebut juga hadir dalam sajian bumbu kacang yang berbeda.

Sate padang menggunakan bumbu kacang yang kental dan bentuknya menyerupai bubur. Sate padang panjang biasanya disajikan dengan bumbu sate yang berwarna kuning. Sedangkan, sate pariaman memiliki kuah yang berwarna merah.



Gudeg

Gudeg merupakan makanan khas Pulau Jawa yang terkenal karena manis dan gurih rasanya. Hidangan gudeg banyak dijual di Kota Yogyakarta sehingga kota tersebut mendapat julukan Kota Gudeg.

Bahan utama gudeg adalah nangka yang direbus bersama gula aren, santan, daun salam, serai, dan lengkuas, sampai sangat empuk dan tercampur sempurna. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, telur rebus, potongan ayam, dan sambal goreng krecek yang berisi kulit sapi kenyal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1533 seconds (0.1#10.140)