Sandiaga Uno Gandeng Roy Citayam untuk Perkenalkan Ekraf Lewat Metaverse

Rabu, 17 Agustus 2022 - 18:30 WIB
loading...
Sandiaga Uno Gandeng Roy Citayam untuk Perkenalkan Ekraf Lewat Metaverse
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno gandeng Roy Citayam perkenalkan ekraf melalui Metaverse yang diluncurkan bersama Magnus Digital Indonesia. Foto/Wiwie Heriyani
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menggandeng Roy Citayam untuk memperkenalkan ekonomi kreatif (Ekraf) melalui Metaverse yang diluncurkan bersama PT Magnus Digital Indonesia.

Sandiaga mengatakan Roy cukup berpengaruh untuk memperkenalkan produk atau ikon ekonomi kreatif dengan cara yang unik.

“Tapi saya ingin memperkenalkan seseorang yang sangat viral dalam beberapa bulan terakhir ini. Saya ingin perkenalkan mas Roy, dari Citayam Fashion Week,” kata Sandiaga di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu, (17/8/2022).

“Ini mas Roy yang sempat menggemparkan Indonesia dan ini menunjukkan bagaimana produk ekonomi kreatif kita jika dikemas dengan inovatif, kreatif dan kolaboratif melibatkan masyarakat dari akar rumput, menimbulkan suatu gelombang yang luar biasa,” sambungnya.

Selain menampilkan dan mempromosikan keindahan dan keunikan Indonesia ke dunia, Sandiaga lantas menyebut akan menampilkan Roy sebagai ikon yang akan terinterkoneksi ke WonderVerse Indonesia sebagai platform teknologi Metaverse.

“Dan nanti kita adakan kesempatan untuk ngobrol sama mas Roy dan mudah-mudahan mas Roy juga tampil di Metaverse,” jelas Sandiaga.

Baca Juga: Upacara HUT ke-77 RI di Kemenparekraf, Sandiaga Uno: Ini Momentum Pulih Lebih Cepat

Sandiaga juga mencontohkan promosi desa wisata yang ada di Jadisa atau Jaringdesawisata.com yang kini sudah menampung 4.000 lebih desa wisata. Nantinya, melalui interkoneksi ke Metaverse ini, desa-desa wisata tersebut bisa tereprentasi, begitu juga dengan destinasi lainnya.

“Juga mungkin dengan produk-produk ekonomi kreatif yang tergabung dalam asosiasi kuliner, fashion dan lain sebagainya. Termasuk Roy yang Citayam Fashion Week ini bisa juga tampil di Metaverse ini,” ujar Sandiaga.

Untuk bisa terkoneksi ke WonderVerse Indonesia, para pelaku ekonomi kreatif yang akan mempromosikan produk mereka nantinya akan dibuatkan protokol atau prosedur agar mereka bisa bergabung.

“Pastinya harus ada proses pendaftaran. Karena ini dia nanti akan masuk ke on boarding Metaverse kita. Nanti akan dibuatkan protokolnya bagaimana mereka bisa bergabung,” papar Sandiaga.

“Tapi karena WondeVerse Indonesia ini milik semua, nanti kita pastikan bahwa WondeVerse Indonesia ini akan inklusif. Kita akan merangkul seluruh pelaku mulai dari yang mikro sampai yang besar,” imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) resmi berkolaborasi dengan PT Magnus Digital Indonesia menghadirkan platform teknologi Metaverse.

Baca Juga: Sandiaga Uno Yakin Sektor Parekraf Dapat Ciptakan 1,1 Juta Lapangan Kerja Baru

Kolaborasi ini diresmikan lewat penandatanganan dokumen kerja sama (MOU) untuk menciptakan WonderVerse Indonesia, sebagai kanal yang dapat mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia secara interaktif digital, bertepatan di HUT ke-77 RI hari ini.
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1717 seconds (10.101#12.26)