Profil Dr Nathania Karina, Konduktor Orkestra Musik Upacara Peringatan HUT ke-77 RI di Istana Negara

Kamis, 18 Agustus 2022 - 17:35 WIB
loading...
Profil Dr Nathania Karina, Konduktor Orkestra Musik Upacara Peringatan HUT ke-77 RI di Istana Negara
Nathania Karina, pemimpin Orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN) pada peringatan Hut ke-77 RI di Istana Merdeka kemarin mendadak viral. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nathania Karina, pemimpin Orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN) pada peringatan Hut ke-77 RI di Istana Merdeka kemarin mendadak viral. Perempuan yang akrab disapa Nia itu merupakan konduktor wanita pertama pemimpin orkestra dalam acara HUT RI tersebut.

Nia mulai menekuni bidang musik semenjak berusia empat tahun sebagai pianis cilik . Dia juga sempat menghadiri konser Yamaha Junior Original di bawah bimbingan Ferdinand Marsha dan Vera Soeng.

Baca juga : Sambut HUT Kemerdekaan RI, Pedro Luncurkan Independently Stylish

Dilansir dari berbagai sumber, Nathania Karina juga telah meraih gelar Doctor of Music Arts in Music Education dari Boston University dan menerima gelar Master of Music dengan gelar ganda di Piano Performance and Music Education dari University of Melbourne.

Masa pendidikannya di Australia, Nia sempat belajar dengan Glenn Riddle pianis terkenal asal Negeri Kangguru.

Nia juga aktif dalam berbagai pertunjukkan dan seminar di festival musik atau lokakarya dengan fokus pada Musik Klasik Austria, Orkestrasi, Sejarah dan Pendidikan Musik di seluruh negara Asia Pasifik, Australia juga Eropa.

Baca juga : G20 Orchestra Sukses Kumpulkan Pemain Orkestra Terbaik Dunia

Seorang pianis dan chamber musician ini juga ikut mendirikan Sekolah Musik Andante pada tahun 2007 dan berharap dapat memberikan pelajaran musik terbaik dan dapat diakses untuk semua orang.

Menulis dan mengatur musik tentu sudah menjadi hal biasa baginya. Beberapa proyek seperti Trinity Youth Symphony Orchestra (TRUST), Music Avenue, dan Musicmind pernah digarapnya.

Karena capaian prestasi dan pengalamannya tersebut tak heran bila dia terpilih sebagai konduktor yang mengisi acara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka kemarin.

Pementasan GBN ini menjadi salah satu segmen yang paling dinanti karena menampilkan talenta anak bangsa di bidang musik dan vokal nan apik.

Mengenakan kebaya merah dia tampil dengan energik ketika membawakan total 17 lagu ketika upacara kemerdekaan RI di Istana Merdeka dan sidang tahunan MPR.

Salah satu yang menarik adalah persembahan Medley Nusantara yang merupakan aransemen dari kumpulan berbagai lagu daerah seperti Indung-Indung, Tutu Koda, Bindhe Biluhuta, Sang Bumi Ruwa Jurai, Lir Sa'alir, O' Ulate, dan E Mambo Simbo.

Nia juga turut berkolaborasi dengan beberapa penyanyi ternama di Indonesia seperti Vidi Aldiano, Lyodra dan Naura.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)