Kenakan Koleksi Auguste Soesatro, Reza Rahadian Tampil Memukau di Upacara 17 Agustus

Kamis, 18 Agustus 2022 - 16:44 WIB
loading...
Kenakan Koleksi Auguste Soesatro, Reza Rahadian Tampil Memukau di Upacara 17 Agustus
Beskap yang dipakai Reza Rahadian merupakan bagian koleksi tema Javanese Invasion pada 2019. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Penampilan Reza Rahadian saat menghadiri perayaan HUT ke-77 kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 17 Agustus 2022, mendapatkan banyak pujian.

Tampilan cukup sederhana, tapi mampu menghidupkan kekayaan rasa nilai filosofi serta budaya Jawa di saat bersamaan. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang menyematkan sebutan 'Pangeran Jawa' kepada aktor film Tjokroaminoto ini.

Dengan balutan beskap dan kain batik , aktor 35 tahun ini benar-benar membuat yang melihatnya jadi terpesona.

Baca juga: Akui Sempat Ada Kesalahan saat Tampil di Istana Negara, Naura Ayu Meminta Maaf

Beskap yang dikenakan Reza Rahadian itu merupakan prdouk dari brand lokal Kraton. Founder Kraton, Auguste Soesastro sukses mentransformasi bekap tradisional untuk tetap relevan dengan konteks saat ini, tanpa menghilangkan akar budaya yang telah melekat selama ini.

Menurut Auguste, beskap yang dipakai Reza Rahadian merupakan bagian koleksi tema "Javanese Invasion" pada 2019.

"Saya berterima kasih kepada masyarakat yang menyambut baik hasil karya saya, yang dipadu padan dengan sangat baik oleh Hagai Pakan selaku penata gaya yang mewujudkan overall look dari Reza Rahadian di upacara 77 Tahun kemerdekaan Indonesia kemarin," tutur Auguste dalam keteranganya, Kamis (18/8/2022).

Dalam ulasan perjalan kariernya, Auguste dipandang memiliki visi yang radikal tentang evolusi pakaian tradisional Indonesia menjadi bentuk yang modern. Baginya untuk menerjemahkan pakaian tradisional Indonesia menjadi lebih modern tidak cukup dengan memodifikasi batik atau menempelkan kain-kain tradisional sebagai aksen pakaian modern.

"Saya memiliki ketertarikan yang amat besar untuk kembali merekonstruksi pakaian-pakaian masyarakat tradisional, khususnya di Pulau Jawa untuk tetap relevan di hari ini, dan menjadi satu identitas yang kuat agar membangun identitas yang autentik bagi cara berbusana orang Indonesia yang majemuk," papar Auguste.

Merek Kraton sendiri, ujar Auguste, memiliki jiwa yang sederhana namun mengapresiasi keindahan lewat konstruksi dan teknik pengerjaan yang apik, sehingga memunculkan pesona alami kepada siapa saja yang memakainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)