Ikigai, Nilai Hidup Masyarakat Jepang yang Bisa Membuat Bahagia

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 20:00 WIB
loading...
Ikigai, Nilai Hidup Masyarakat Jepang yang Bisa Membuat Bahagia
Ikigai, merupakan nilai hidup masyarakat Jepang yang dipercaya bisa membuat bahagia. Konsep ini bisa Anda kenali dan ikuti jika sedang mencari kebahagiaan. Foto/tangkapan layar Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Ikigai, merupakan nilai hidup masyarakat Jepang yang dipercaya bisa membuat bahagia. Konsep ini bisa Anda kenali dan ikuti jika sedang mencari kebahagiaan dengan berbagai cara.

Konsep ikigai dari Jepang ini turut dibahas dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo #DariKamuUntuklndonesia. Podcast kali ini menghadirkan sosok Nita Widuri Safitri, seorang konsultan marcomm and branding independent yang sudah menerapkan ikigai di hidupnya.

“(Ikigai) itu budayanya Jepang. Tapi akhirnya, menjadi sebuah filosofi yang mendunia. Ini ada kaitannya dengan mindfulness, dengan how you treat your life, dan apa yang sebetulnya kita kejar di kehidupan ini,” kata Nita dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo, Sabtu (20/8/2022).

Secara definisi, kata dia, ikigai adalah nilai hidup. Konsep ikigai ini memiliki empat elemen, yakni passion, mission, vocation, dan profession.


“Buat teman-teman yang masih mempertanyakan, sebetulnya tujuan hidup saya apa sih? Mungkin cukup dengan mempertanyakan empat hal itu ke dalam dirinya masing-masing,” jelas Nita.

“Misalnya, passion saya apa ya? Misi saya untuk berguna buat dunia ini, apa ya? Kemudian vocation yang bisa saya berikan untuk mendapatkan penghasilan buat diri saya itu jenis pekerjaan apa ya? Dan terakhir, profesi yang sedang saya jalankan ini itu bikin saya happy atau enggak ya?” tambahnya.

Nita mengungkapkan, dengan menjawab keempat pertanyaan itu dapat menemukan konsep ikigai. “Menurut saya, apa yang kita lakukan sampai saat ini, itulah yang paling harus disyukuri. Tapi satu hal, PR besarnya adalah, apakah kamu mencintai apa yang sedang kamu lakukan sekarang?” ungkap Nita.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2600 seconds (0.1#10.140)