3 Minyak Goreng Non Kolesterol, Nomor Terakhir Menjaga Kondisi Kesehatan Jantung

Minggu, 21 Agustus 2022 - 12:15 WIB
loading...
3 Minyak Goreng Non Kolesterol, Nomor Terakhir Menjaga Kondisi Kesehatan Jantung
Minyak goreng non kolesterol sangat dianjurkan untuk mencegah gangguan kesehatan akibat lemak jahat. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Minyak goreng non kolesterol sangat dianjurkan untuk mencegah gangguan kesehatan akibat lemak jahat. Mulai dari minyak canola sampai bunga matahari.

Bagi penderita kolesterol tinggi sudah seharusnya menjaga pola asupan. Seperti memilah jenis minyak goreng yang aman digunakan sehari-hari, agar tidak meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Untuk menghindarinya, Anda bisa mencoba menggunakan minyak goreng non kolesterol ini. Seperti minyak non kolesterol berasal dari bahan nabati, seperti canola, jagung, zaitun, kedelai, hingga biji bunga matahari.

Berikut ulasan 3 minyak goreng non kolesterol, yang baik untuk penderita kolesterol tinggi sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:



1. Minyak Canola
Minyak goreng non kolesterol pertama yang disarankan baik untuk penderita kolesterol tinggi. Sumber baik dari MUFA (dan beberapa PUFA), titik asap minyak canola tinggi membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk memanggang, memasak dalam oven, dan menggoreng.

Juga kandungannya tinggi asam alfa-linolenat (ALA), asam lemak omega-3. Canola memiliki rasa yang ringan dapat digunakan dalam saus salad, bumbu perendam, saus dan baiknya bebas kolesterol.

2. Minyak Zaitun
Minyak ini sumber vitamin E dan antioksidan yang baik yang disebut polifenol. Menurut penelitian menunjukkan makan 1 1/2 sendok makan (20 gram) minyak zaitun setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Penyakit yang bisa dialami oleh mereka menderita kolesterol tinggi. Sehingga banyak digunakan dalam masakan Mediterania karena rasanya yang kaya, keserbagunaan, dan manfaat kesehatan jantung.

3. Minyak Bunga Matahari
Minyak bunga matahari dapat digunakan untuk memasak dalam kondisi panas tinggi. Minyak mentah hanya boleh digunakan dalam resep tanpa panas.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa penggunaan minyak ini selama 10 minggu, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida secara drastis. Kandungan tersebut baik yang juga menjaga kondisi kesehatan jantung.

Sehubungan dengan itu, semua minyak goreng yang ada di rumah. Disarankan agar disimpan dengan baik, agar tidak merusak kandungan yang ada.

"Semua minyak akan memburuk dari waktu ke waktu dengan paparan cahaya, panas dan udara," keterangan heartfoundation, dikutip Minggu (21/8/2022).
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1973 seconds (0.1#10.140)