Sandiaga Uno Beri Tugas Khusus untuk 5 Destinasi Wisata Super Prioritas

Senin, 22 Agustus 2022 - 20:36 WIB
loading...
Sandiaga Uno Beri Tugas Khusus untuk 5 Destinasi Wisata Super Prioritas
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, ada tugas khusus yang akan diberikan kepada 5 destinasi super prioritas yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Likupang, dan Labuan Bajo. Foto/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, ada tugas khusus yang akan diberikan kepada 5 destinasi super prioritas yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Likupang, dan Labuan Bajo.

"Dan juga, dukungan event maupun mice peningkatan kualitas pariwisata melalui reskilling, upskilling dan newskiling untuk para SDM (sumber daya manusia)," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (22/08/2022).

Selain itu, kata Sandiaga, beberapa program unggulan seperti desa wisata, kabupaten/kota kreatif dan terakhir diplomasi Indonesia Spice Up The World yang diharapkan dapat memperlihatkan kemajuan yang signifikan untuk industri pariwisata.

"Khususnya di tahun 2023," ujarnya.



Sementara itu Sandiaga menuturkan, saat ini pemulihan pariwisata di Indonesia sudah mulai meningkat secara signifikan. Hal ini pula dilihat dari kenaikan keterisian kamar atau okupansi hotel, yang mana ikut melonjak lebih dari 50 persen.

"Sejak Juni 2022, naik sekitar 9,7 persen dibandingkan dengan 2021," terangnya.

Selain itu, kenaikan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia, juga dikarenakan setelah pemerintah membuka border atau pintu perbatasan. Sehingga sejumlah negara kini sudah bisa masuk, tentunya dengan syarat-syarat yang berlaku.

Sandiaga bilang, saat ini pihaknya tengah lebih fokus terhadap wisatawan Nusantara, dibandingkan wisman. Meski demikian ia yakin, bahwa tahun depan (2023) pemulihan di sektor Parekraf bisa lebih baik baik lagi.

"Saya yakin dengan kebijakan visa yang lebih baik, konektivitas atau penerbangan yang lebih baik, yakin Indonesia akan mampu untuk mencapai target 2023," pungkasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)