PPLIPI Berikan Bantuan Modal untuk 400 Perempuan Pelaku UMKM

Senin, 22 Agustus 2022 - 18:20 WIB
loading...
PPLIPI Berikan Bantuan Modal untuk 400 Perempuan Pelaku UMKM
PPLIPI memberikan bantuan permodalan untuk 400 perempuan pelaku UMKM. Acara digelar di Convention Center SMESCO Building, Jakarta pada Kamis, 18 Agustus 2022. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI) memberikan bantuan permodalan untuk 400 perempuan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) . Acara ini digelar di Convention Center SMESCO Building, Jakarta pada Kamis, 18 Agustus 2022.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPLIPI Indah Suryadharma Ali mengatakan, pemberian bantuan ini merupakan kegiatan Signature PPLIPI yang sudah dilaksanakan sejak 2016. Di mana bantuan kepada perempuan pelaku UMKM telah diberikan kepada 6.500 orang.

"Kita semua bisa berkumpul dan bersilaturahim kembali dalam acara yang juga luar biasa, pemberian bantuan modal pada perempuan pelaku UMKM," kata Indah melalui siaran resminya, Senin (22/8/2022).

"Ini merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi, digagas sebagai bentuk keberpihakan PPLIPI kepada perempuan yang mau berupaya untuk memenuhi kebutuhan keluarga, di antara kesibukan mengurus rumah tangga," tambahnya.

Dengan bantuan yang diberikan sebesar Rp500 ribu, PPLIPI menyasar para pelaku usaha mikro. Seperti halnya penjual nasi uduk, penjual gado-gado dan penjual mainan anak yang berada di wilayah Jabodetabek.


"Dengan RP200 ribu sampai Rp300 ribu modal yang dikelola, seharinya mereka bisa mendapatkan untung antara Rp50 ribu hingga Rp100 ribu, yang merupakan pemasukan untuk biaya rumah tangga sehari-hari," jelas Indah.

"Sehingga bantuan modal dari PPLIPI, bisa menjadi tambahan yang sangat membantu usaha mereka. Umumnya dengan bantuan tambahan modal PPLIPI, mereka langsung menambah jumlah jualannya, atau menambah variasi jualannya," sambungnya.

Sementara itu, pemilihan perempuan pelaku UMKM ini diberikan melalui perwakilan dewan pengawas yang ada di setiap daerah. Hadirnya bantuan modal ini pun diharapkan PPLIPI bisa memberikan manfaat besar.

"Bantuan modal yang diberikan memang nilainya tidak besar. Namun berdasarkan pengamatan dan informasi dari lapangan, modal usaha para pedagang kecil kelas rumahan ini, memang sejatinya tidak banyak. Mereka bisa dikatakan hanya berupaya memperpanjang umur uang yang mereka miliki," ujar Indah.

"Karena itu sejak awal program ini diluncurkan, kegiatan ini difokuskan untuk membantu para pedagang kecil, yang umumnya belum bank minded, atau yang sulit mendapat akses ke lembaga keuangan, bank maupun non bank untuk mengembangkan usahanya," tandasnya.


Selain program pemberian bantuan modal, PPLIPI juga mengadakan kerja sama dengan berbagai warung makan yang sedang dalam kondisi berjuang untuk menyediakan paket makanan lengkap, sehat, bergizi dan higienis dengan harga subsidi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2888 seconds (0.1#10.140)