4 Tantangan dan Solusi bagi Ibu dalam Mengatur Keuangan Keluarga

Rabu, 24 Agustus 2022 - 15:59 WIB
loading...
4 Tantangan dan Solusi bagi Ibu dalam Mengatur Keuangan Keluarga
Kebutuhan yang beragam dan kian berkembang setiap hari tentu menjadi tantangan bagi para ibu untuk tetap bijak serta hemat dalam mengatur keuangan keluarga. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Para ibu rumah tangga bertanggung jawab atas keuangan keluarga, mulai dari pengeluaran kebutuhan dapur, sekolah anak, rekreasi, hingga kebutuhan esensial maupun yang tak terduga. Kebutuhan yang beragam dan kian berkembang setiap hari tentu menjadi tantangan bagi para ibu untuk tetap bijak serta hemat dalam mengatur keuangan keluarga.

Ini empat tantangan yang biasa dihadapi kaum ibu, sekaligus solusi yang bisa diterapkan.

1. Budgeting di awal bulan sesuai kemampuan

Tak jarang, ibu membuat budget bulanan yang kurang realistis dengan kemampuan dan kebutuhan. Padahal, membuat budget yang realistis bisa lebih memudahkan ibu untuk mengatur keuangan keluarga ketimbang budget yang semakin hemat. Agar makin teratur, lakukanlah alokasi budget pada pos-pos yang berbeda agar masing-masing budget tetap terjaga.

2. Catat pengeluaran berdasarkan kategori

Sebagai menteri keuangan keluarga, memiliki skill pencatatan pengeluaran merupakan salah satu hal yang sangat penting. Selain bisa memantau kisaran pengeluaran keluarga selama satu kurun waktu tertentu, ibu juga dapat mengetahui kategori apa saja yang menjadi pengeluaran utama bagi keluarga. Dengan mengetahui kebutuhan dari masing-masing kategori, ibu bisa membuat budgeting yang lebih sesuai dengan kebutuhan kategori.

3. Manfaatkan teknologi untuk penuhi kebutuhan

Ibu bisa memanfaatkan berbagai macam aplikasi pencatat pengeluaran yang tersedia di smartphone sehingga proses mencatat makin praktis. Selain itu, kebutuhan sehari-hari pun bisa dipenuhi dengan makin mudah karena kehadiran kampanye dan promo yang kerap tersedia mulai dari kebutuhan dapur, rekreasi, edukasi dan mainan anak, dan masih banyak lagi untuk memenuhi berbagai kebutuhan keluarga.

Tak hanya itu, ibu juga bisa memenuhi berbagai kebutuhan transfer sehari-hari dengan makin hemat hanya dengan bermodalkan smartphone. Apalagi sejak hadirnya fitur Transfer ShopeePay yang bisa digunakan untuk transfer ke mana pun, baik ke sesama pengguna ShopeePay maupun ke berbagai rekening bank secara gratis biaya admin, tanpa batas kuota harian, dan langsung sampai.

Praktis, fitur Transfer ShopeePay bisa diakses langsung melalui aplikasi Shopee tanpa perlu mengunduh aplikasi baru.

4. Evaluasi finansial di akhir bulan

Setelah di awal bulan membuat budget, ibu bisa mengevaluasi situasi keuangan di akhir bulan. Evaluasi beberapa poin seperti apakah budget tersebut sudah mencukupi kebutuhan keluarga; kategori pengeluaran apa saja yang bisa dihemat; atau mungkin ada kebutuhan tambahan yang membutuhkan budget khusus di bulan selanjutnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1310 seconds (0.1#10.140)