Indonesia Akan Gunakan Vaksin Covid-19 Merek Apa untuk Anak di Bawah 6 Tahun?

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 17:42 WIB
loading...
Indonesia Akan Gunakan Vaksin Covid-19 Merek Apa untuk Anak di Bawah 6 Tahun?
Vaksin Covid-19 untuk anak di bawah 6 tahun sudah diminta oleh Presiden Joko Widodo untuk segera hadir di Indonesia. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia sedang bersiap mendatangkan vaksin Covid-19 untuk anak di bawah 6 tahun. Vaksin tersebut tentunya mesti mendapat persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terlebih dahulu.

Vaksin Covid-19 untuk anak di bawah 6 tahun sudah diminta oleh Presiden Joko Widodo untuk segera hadir di Indonesia. Tapi, mendatangkan vaksin bukan pekerjaan satu-dua malam. Perlu waktu dan analisis panjang untuk akhirnya menyetujui vaksin Covid-19 tersebut ada di Indonesia.

Beberapa hari lalu, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin membocorkan vaksin Covid-19 untuk anak di bawah 6 tahun apa yang akan didatangkan ke RI. Namanya vaksin pediatric.

Baca juga: 6 Aneka Bumbu Masak Sasa yang Bisa Jadi Pilihanmu

Vaksin tersebut sudah disetujui oleh dunia, dan Indonesia tengah memasuki fase penjajakan untuk memiliki vaksin tersebut.

Menurut informasi yang tertera di laman Toronto, vaksin pediatric itu sudah mendapat persetujuan untuk dipakai oleh Health Canada. Vaksin pediatric Moderna Spikevax mRNA Covid-19 nama lengkap vaksin tersebut.

Vaksin pediatric itu akan diberikan ke anak usia 6 bulan hingga di bawah 5 tahun. "Ini adalah satu-satunya vaksin yang disahkan di Kanada untuk kelompok usia tersebut," terang laman itu, dikutip MNC Portal, Jumat (26/8/2022).

Di sisi lain, kabar terbaru mengungkapkan bahwa BPOM tengah berupaya mendatangkan vaksin untuk kelompok usia di bawah 6 tahun. Menurut penjelasan Kepala BPOM Penny K. Lukito, ada dua vaksin yang sedang diproses yakni Pfizer dan Sinovac.

Vaksin Pfizer dinilai cocok karena Amerika Serikat, dalam hal ini BPOM AS (FDA), sudah memberikan izin penggunaan vaksin tersebut ke anak usia di bawah 5 tahun.

Menurut laporan NPR, vaksin Covid-19 Pfizer sudah mengantongi izin penggunaan untuk anak di bawah 5 tahun sejak akhir Oktober 2021. Ini menandakan bahwa vaksin tersebut sudah memiliki cukup data untuk dianalisis efektivitas dan keamanan vaksin pada anak di bawah 5 tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)