Krista Exhibitions dan Pertiwi Indonesia Dukung Kampanye Kebaya Goes To Unesco

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 21:52 WIB
loading...
Krista Exhibitions dan Pertiwi Indonesia Dukung Kampanye Kebaya Goes To Unesco
Melalui fashion show kebaya, Pertiwi Indonesia berupaya menggalakan perempuan menggunakan pakaian tradisional khas Indonesia terutama kebaya. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Krista Exhibitions mendukung Perkumpulan Perempuan Pertiwi Indonesia dan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) menggelar fashion show kebaya di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Gelaran fashion show kebaya itu merupakan upaya Pertiwi Indonesia menggalakan perempuan menggunakan pakaian tradisional khas Indonesia terutama kebaya untuk dicatatkan sebagai warisan budaya Indonesia kepada UNESCO.

"Kami bergerak di daerah di mana Pertiwi mempunyai DPD untuk merangkul semua generasi agar keberadaan kebaya semakin besar gaungnya," ungkap Ketua Pertiwi Indonesia, Shinta Omar dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/8/2022).

Baca juga: Yuk Ikutan Promo Gajian Hemat di AladinMall by Mister Aladin, Ada Diskon hingga 74%!

"Kita juga sedang melakukan riset dan bekerjasama dengan media nasional untuk menyosialisasikan kebaya ke seluruh Indonesia," lanjut dia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua II Pertiwi Indonesia, Miranti Serad Ginanjar menyebutkan, barisan berkebaya diinisiasi oleh Pertiwi Indonesia dengan mengajak komunitas lain.

"Sudah bergabung 24 komunitas besar, salah satunya PSMTI yang diketuai oleh Dr Dewi Susilo Budiharjo, yang peduli terhadap kebaya," kata dia.

Menurutnya, barisan berkebaya memberikan dukungan kepada pemerintah Indonesia dalam upaya mendaftarkan kebaya menjadi warisan budaya tak benda ke UNESCO.

Baca juga: Tips Bikin Daging Sapi Australia Empuk dan Enak

Sementara itu, Kebaya Goes To UNESCO bisa dimaknai sebagai seruan untuk mendukung pendaftaran kebaya menjadi warisan budaya tak benda. Kebaya hendak menyusul batik yang sudah mendapat pengakuan UNESCO sejak 2 Oktober 2009.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2087 seconds (0.1#10.140)