3 Makanan Kolesterol Tinggi yang Boleh Dikonsumsi, Aman dan Menyehatkan

Senin, 29 Agustus 2022 - 07:12 WIB
loading...
3 Makanan Kolesterol Tinggi yang Boleh Dikonsumsi, Aman dan Menyehatkan
Ada makanan kolesterol tinggi yang boleh dikonsumsi. Banyak orang beranggapan kolesterol dalam makanan meningkatkan kadar kolesterol dan risiko stroke. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada makanan kolesterol tinggi yang boleh dikonsumsi. Makanan ini terbukti aman dan menyehatkan. Banyak orang beranggapan bahwa kolesterol dalam makanan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan risiko stroke serta penyakit jantung.

Namun, penelitian terbaru menemukan bahwa beberapa makanan kolesterol tinggi tidak meningkatkan risiko penyakit jantung. Ini tidak berarti Anda dapat mengabaikan jumlah kolesterol yang dikonsumsi.

Anda tidak harus menghilangkan semua makanan tinggi kolesterol yang tidak sehat dalam diet. Kebanyakan orang bisa makan makanan berkolesterol tinggi yang sehat dalam jumlah sedang. Meski tinggi kolesterol, makanan ini mengandung lemak jenuh yang rendah.

"Adalah aman untuk memiliki beberapa kolesterol dalam makanan Anda. Tapi banyak makanan tinggi kolesterol juga mengandung lemak jenuh dalam jumlah tinggi. Nikmati makanan yang kurang sehat sebagai camilan sesekali, bukan sebagai pilihan makanan sehari-hari,” kata ahli diet Julia Zumpano, RD, LD.


Berikut daftar makanan kolesterol tinggi yang boleh dikonsumsi dilansir dari Cleveland Clinic, Senin (29/8/2022).

1. Telur

3 Makanan Kolesterol Tinggi yang Boleh Dikonsumsi, Aman dan Menyehatkan

Foto/Getty Images

Kolesterol dalam telur mendapat reputasi buruk. Satu telur mengandung sekitar 60 persen dari nilai kolesterol harian, tetapi hanya mengandung 8 persen dari cadangan lemak jenuh.

Telur tinggi protein, rendah kalori dan mengandung vitamin B, zat besi dan nutrisi penangkal penyakit. Jika harus menjaga kolesterol Anda, pilihlah putih telur, yang mengandung banyak protein tanpa kolesterol.

2. Kerang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)