Persiapkan Tenaga Kerja Konstruksi IKN Nusantara, Propan Jaya Beri Pelatihan Terkait Pengecatan

Senin, 29 Agustus 2022 - 16:25 WIB
loading...
Persiapkan Tenaga Kerja Konstruksi IKN Nusantara, Propan Jaya Beri Pelatihan Terkait Pengecatan
Sekjen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mohammad Zainal Fatah; Wakil Kepala Badan Otorita IKN Dhony Rahajoe; dan Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Yudha Mediawan saat berdiskusi mengenai produk inovasi Propan Raya. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sedang dalam tahap pembangunan. Berbagai macam persiapan tengah dilakukan guna terciptanya infrastuktur yang baik. Salah satunya adalah persiapan tenaga kerja konstruksi yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR di Bendungan Sepaku, Semoi, Kalimantan Timur, pada Sabtu (27/8/2022) lalu.

Pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) untuk Penyiapan Pembangunan Infrastruktur IKN, telah dibuka secara resmi oleh Sekjen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mohammad Zainal Fatah, mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono.

Dalam kesempatan yang sama juga hadir Wakil Kepala Badan Otorita IKN Dhony Rahajoe; Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Riza Indra Riadi; Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Yudha Mediawan; jajaran pemerintahan pusat serta jajaran pemerintahan daerah setempat.

Direktur Kompetensi dan Produktivitas Konstruksi PUPR Dedy Natrifahrizal menyampaikan, akan ada 5 tahapan pelatihan dan sertifikasi yang dilaksanakan pada Agustus hingga Desember 2022. Rangkaian kegiatan pelatihan dan sertifikasi tahap pertama dilaksanakan pada 27 Agustus-9 September 2022, yang melibatkan 1.535 peserta.

Kegiatan tersebut disiapkan hingga nantinya pekerja yang sudah ahli diserap Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK). "Dengan pekerjaan yang masif membutuhkan tenaga kerja besar. Tenaga kerja di IKN ini orang yang terpilih dengan tersertifikasi," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah.

Mohammad Zainal Fatah menyebut, dengan pekerja yang terlibat banyak akan mempercepat penyelesaian pembangunan IKN. Khususnya Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). "Pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur dapat membangun episentrum ekonomi baru. Jadi, Indonesia bukan hanya Jakarta saja, bukan Jawa saja," imbuhnya.

Kegiatan ini terlaksana berkat sinergi antara Kementerian PUPR dengan mitra strategis jasa konstruksi dalam rangka peningkatan sumber daya jasa konstruksi serta mendukung pelaksanaan pelatihan sertifikasi kompetensi kerja konstruksi tahap kesatu untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Propan Raya terpilih menjadi salah satu mitra strategis jasa konstruksi PUPR dalam pembangunan konstruksi IKN. Hal ini juga yang membuat perusahaan cat asli Indonesia itu turut terlibat dalam Persiapan Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) pada Sabtu (27/8/2022) lalu.

Direktur Propan Raya Yuwono Imanto memaparkan kesiapan perusahaan yang didirikan oleh Doktor Hendra Adidarma pada 1979 itu.

“Propan Raya siap berkolaborasi dengan Kementerian PUPR untuk memberikan pelatihan terkait pengecatan kepada Tenaga Kerja Konstruksi di IKN Nusantara. Tidak hanya teori yang akan kami ajarkan, melainkan praktik langsung di lapangan, sehingga para TKK dapat menerapkannya untuk pembangunan IKN,” beber Yuwono.

Apalagi berbagai produk Propan Raya juga sudah banyak digunakan pada proyek-proyek pemerintahan, dimulai dari pengecatan proyek Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Bandara Soekarno Hatta, renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Mesjid Istiqlal, rusun PUPR, berbagai universitas, berbagai sekolah, hingga proyek pengecatan jalan tol.

Direncanakan pada 2022-2024 merupakan tahap awal pembangunan IKN di mana pada tahap ini akan ada pembangunan infrastruktur utama (Kawasan Inti Pusat Pemerintah/KIPP) dan perumahan di area utama IKN beserta infrastruktur dasar. Jadi Persiapan Tenaga Kerja Konstruksi ini merupakan langkah awal yang tepat demi pembangunan IKN.

Nantinya, Propan Raya akan memberikan pelatihan seputar cat tembok, cat kayu, cat besi, dan kebutuhan cat yang disesuaikan dengan pembangunan IKN. Propan Raya juga akan menyediakan modul pelatihan serta instruktur pelatihan yang ahli di bidangnya sehingga TKK yang menerima pelatihan menjadi terampil dalam hal pengecatan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)