Lukisan Raden Saleh Terpampang dalam Rapat Kabinet yang Dihadiri Sri Mulyani, Ini Komentar Angga Dwimas Sasongko

Selasa, 30 Agustus 2022 - 17:07 WIB
loading...
Lukisan Raden Saleh Terpampang dalam Rapat Kabinet yang Dihadiri Sri Mulyani, Ini Komentar Angga Dwimas Sasongko
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengunggah potret dirinya saat sedang melakukan rapat bersama Presiden Jokowi pada Selasa (30/8/2022). Di ruangan rapat terpampang salah satu lukisan karya Raden Saleh. Foto/Instagram Sri Mulyani
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengunggah potret dirinya saat sedang melakukan rapat bersama Presiden Jokowi pada Selasa (30/8/2022). Mereka tengah membicarakan instrumen APBN sebagai strategi melindungi rakyat dan perekonomian dari guncangan global.

Namun, yang mencuri perhatian netizen sekaligus sutradara Angga Dwimas Sasongko adalah lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro karya Raden Saleh yang tampak menggantung di salah satu sisi dinding dalam ruangan tersebut. Foto itu diunggah ulang oleh Angga Dwimas Sasongko melalui akun Instagram pribadinya, dilengkapi caption yang menggelitik.

Dalam keterangannya, Angga Dwimas Sasongko memberi saran kepada Sri Mulyani untuk memeriksa ulang keaslian lukisan Raden Saleh di ruangan tersebut.

"Nyuwun pangapunten Ibu Sri Mulyani, mohon dicek lagi itu lukisan di belakang apakah yang asli bikinan Raden Saleh atau yang buatan Piko (Iqbaal Ramadhan)? Kemarin saya lihat ada komplotan isinya Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, Aghniny Haque, Umay Shahab dan Ari Irham tukar lukisannya di terowongan SCBD," tulis Angga Dwimas Sasongko seraya menandai akun Instagram para pemain film Mencuri Raden Saleh.

Unggahan kedua tokoh tersebut kontan menimbulkan kehebohan netizen yang tampak memadati kolom komentar. Seniman dengan akun Instagram @dolanankeren menyarankan Sri Mulyani untuk menagih pajak kepada para komplotan.

"Itu komplotan Raden Saleh tolong ditarikin pajak, Bu. Pajak atas pencurian pusaka nasional," tulisnya.

Menyusul komentar iseng tersebut, tanggapan serupa terus bermunculan. "Oh, komplotan Raden Saleh insyaf terus balikin lukisan karya Raden Saleh ke Istana Negara, ya?" kata pemilik akun Instagram @nia.sarisa.

Sementara itu, komentar mengenai lukisan tersebut juga menyasar akun Instagram resmi milik Sri Mulyani. "Hati-hati, Bu, ada komplotan pencuri Raden Saleh," ujar @pan___du.

Film Mencuri Raden Saleh sendiri saat ini memang tengah tayang di bioskop. Film ini bercerita tentang Piko, mahasiswa seni rupa yang mencari uang dengan memalsukan lukisan untuk membebaskan sang ayah dari penjara tiba-tiba mendapat tawaran mencuri karya maestro Raden Saleh yang dijaga ketat di Istana Negara. Mengikuti rencana, Piko membentuk tim yang berisi Ucup (hacker), Sarah (atlet bela diri), Gofar (mekanik), Tuktuk (pembalap liar) dan Fella (bandar judi kampur). Masing-masing mengincar uang yang ditawarkan sebagai imbalan dari pencurian tersebut.

Pelaksanaan rencana mereka dihadapkan dengan begitu banyak rintangan yang merenggut hal-hal berharga yang dimiliki seperti hubungan percintaan, persahabatan, hingga keluarga mereka. Di tengah upaya melancarkan misi pencurian penuh risiko tersebut, mereka tidak tahu bahwa ada ancaman besar di balik pencurian lukisan itu.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)