4 Minuman Tradisional Penurun Darah Tinggi, Bisa Dicoba di Rumah

Rabu, 31 Agustus 2022 - 05:25 WIB
loading...
4 Minuman Tradisional Penurun Darah Tinggi, Bisa Dicoba di Rumah
Minuman tradisional penurun darah tinggi bisa menjadi pilihan bagi penderita hipertensi. / Foto: ilustrasi/indianlife.com
A A A
JAKARTA - Minuman tradisional penurun darah tinggi bisa menjadi pilihan bagi penderita hipertensi. Tekanan darah tinggi umumnya terjadi karena pola hidup yang tidak sehat.

Terdapat beragam cara untuk menurunkan darah tinggi, salah satu yang kerap jadi pilihan adalah mengonsumsi minuman tradisional atau herbal.

Dirangkum dari beragam sumber, berikut 4 minuman tradisional penurun darah tinggi yang bisa Anda coba di rumah.

Baca juga: Deretan Foto Mawar AFI saat Ibadah Umrah, Penampilannya Bikin Pangling

1. Teh Hijau

Bagi anda yang memiliki darah tinggi, teh hijau bisa menjadi salah satu alternatif untuk menurunkan. Hal ini diungkap dalam sebuah tinjauan literatur 2020, uji coba terkontrol secara acak membandingkan efek konsumsi teh hitam dan teh hijau pada tekanan darah.

Para peneliti melaporkan bahwa asupan jangka panjang dari kedua jenis teh menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Tapi penurunan tekanan darah lebih signifikan dengan teh hijau.

2. Kunyit

Kunyit pada umumnya dikenal sebagai minuman tradisional seperti jamu. Salah satu manfaat kunyit bagi penderita darah tinggi, yakni mampu mengencerkan darah.

Hal tersebut dibuktikan dalam penelitian dari Journal of Biochemistry and Molecular Biology pada 2012, tentang aktivitas antikoagulan pada kunyit yang dipakai untuk bumbu kari. Kurkumin dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah dengan menghambat faktor-faktor pembekuan darah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3192 seconds (11.97#12.26)