4 Minuman Tradisional Penurun Darah Tinggi, Bisa Dicoba di Rumah
Rabu, 31 Agustus 2022 - 05:25 WIB
loading...
A
A
A
2. Kunyit
Kunyit pada umumnya dikenal sebagai minuman tradisional seperti jamu. Salah satu manfaat kunyit bagi penderita darah tinggi, yakni mampu mengencerkan darah.
Hal tersebut dibuktikan dalam penelitian dari Journal of Biochemistry and Molecular Biology pada 2012, tentang aktivitas antikoagulan pada kunyit yang dipakai untuk bumbu kari. Kurkumin dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah dengan menghambat faktor-faktor pembekuan darah.
3. Kayu Manis
Minuman yang dicampur dengan kayu manis ternyata mampu menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Secara umum kayu manis, dikenal sebagai rempah-rempah aromatik yang berasal dari kulit bagian dalam pohon dari genus cinnamomum.
Kemanjurannya terbukti dalam sebuah penelitian pada hewan, yang menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu melebarkan dan mengendurkan pembuluh darah.
Melansir Healthline bahwa mereka yang mengonsumsi 500-2.400 mg kayu manis setiap hari, selama 12 minggu dapat mengalami penurunan rata-rata 5,39 mm Hg pada tekanan darah sistolik dan 2,6 mm Hg pada tekanan darah diastolik.
Kunyit pada umumnya dikenal sebagai minuman tradisional seperti jamu. Salah satu manfaat kunyit bagi penderita darah tinggi, yakni mampu mengencerkan darah.
Hal tersebut dibuktikan dalam penelitian dari Journal of Biochemistry and Molecular Biology pada 2012, tentang aktivitas antikoagulan pada kunyit yang dipakai untuk bumbu kari. Kurkumin dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah dengan menghambat faktor-faktor pembekuan darah.
3. Kayu Manis
Minuman yang dicampur dengan kayu manis ternyata mampu menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Secara umum kayu manis, dikenal sebagai rempah-rempah aromatik yang berasal dari kulit bagian dalam pohon dari genus cinnamomum.
Kemanjurannya terbukti dalam sebuah penelitian pada hewan, yang menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu melebarkan dan mengendurkan pembuluh darah.
Melansir Healthline bahwa mereka yang mengonsumsi 500-2.400 mg kayu manis setiap hari, selama 12 minggu dapat mengalami penurunan rata-rata 5,39 mm Hg pada tekanan darah sistolik dan 2,6 mm Hg pada tekanan darah diastolik.
Lihat Juga :