Gamelan Sering Dikaitkan dengan Hal-Hal Mistis, Bikin Magis Panggung Karawitan

Kamis, 01 September 2022 - 17:28 WIB
loading...
Gamelan Sering Dikaitkan dengan Hal-Hal Mistis, Bikin Magis Panggung Karawitan
Podcast Jero Semedi akan membahas soal magisnya panggung karawitan. Foto/Roov
A A A
JAKARTA - Karawitan merupakan salah satu jenis musik tradisional yang berasal dari Jawa. Biasanya, karawitan ini sering disebut dengan musik gamelan. Pembawaannya juga cenderung lembut dan halus.

Gamelan merupakan alat musik ansambel atau serangkaian alat musik yang dimainkan secara bersamaan. Gamelan tidak hanya berasal dari Jawa, tetapi juga Bali dan Sunda.

Gamelan memang sering kali dikaitkan dengan hal mistis. Kemistisan gamelan dimulai dari pertama kali alat-alat musiknya dibuat. Seorang perajin gamelan Jawa sering mendengar gamelan buatannya, terutama gong dan kendang, berbunyi sendiri setelah selesai dibuat.

Baca Juga : Model Video Klip Slank Masuk 20 Besar Finalis Mrs Worldwide Indonesia 2022

Bunyi yang dihasilkan pun merupakan bunyi yang harmonis, bukan bunyi asal-asalan. Dan hal tersebut terjadi tanpa memandang waktu - bisa malam hari maupun siang hari.

Katanya, dulu sang perajin dan kakeknya biasa menjalani tradisi ritual terlebih dahulu sebelum gamelan tersebut pindah ke tangan pemilik yang baru.

Namun, tradisi ritual tersebut sudah berkurang akhir-akhir ini karena pembeli meminta pengerjaan yang cepat, lalu bagaimana dengan persiapan pementasan karawitan? Apakah juga erat dengan hal-hal mistis .

Jero akan membahasnya di Live Jero Podcast Semedi dalam episode Magis Panggung Karawitan tanggal 1 September 2022 Jam 20.00 WIB, hanya di Audio+ bagian dari RCTI+. Download RCTI+ di App Store dan Google Playstore sekarang juga.

Baca Juga : Profil Ray Prasetya, Penyanyi yang Viral setelah Mencium BCL di Atas Panggung
(wur)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1948 seconds (11.210#12.26)