Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi dalam Sehari

Jum'at, 02 September 2022 - 07:10 WIB
loading...
Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi dalam Sehari
Ada makanan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi dalam sehari. Kolesterol tinggi merupakan penyebab masalah kesehatan serius, penyakit jantung hingga stroke. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Menurut penelitian, ada makanan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi dalam sehari. Kolesterol tinggi merupakan penyebab dari masalah kesehatan serius, mulai dari penyakit jantung hingga stroke.

Secara khusus, kolesterol jahat dapat menumpuk di arteri, meningkatkan risiko ini. Kabar baiknya adalah ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan kadar kolesterol menjadi normal, termasuk diet sehat.

Pelatih Nutrisi dan Kesehatan Nina Fava mengatakan makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat adalah buah alpukat. Salah satu alasan mengapa makanan ini dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh adalah karena kandungan lemak tak jenuhnya.

Dilansir dariExpress, Jumat (2/9/2022) Heart UK menjelaskan bahwa mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh merupakan cara yang bagus untuk menurunkan kadar tinggi.


“Daging alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat teroksidasi. Dan (dapat) meningkatkan kadar kolesterol baik," kata Fava.

“Alpukat juga merupakan sumber fitosterol, nutrisi penurun kolesterol alami yang ditemukan pada tanaman," sambungnya.

Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi satu buah alpukat sehari untuk menjaga kolesterol. Ini karena alpukat kaya akan lemak, tinggi kalori, mengonsumsi setengah hingga satu alpukat per hari bersamaan dengan diet sehat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Tingkat kolesterol jahat yang rendah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan stroke. Ada juga penelitian yang menyoroti manfaat yang terkait dengan satu buah alpukat sehari.



Studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, menemukan bahwa dosis harian satu buah alpukat dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang telah teroksidasi. Demikian pula dengan cara oksigen dapat merusak makanan, para peneliti menjelaskan bahwa oksidasi juga buruk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5578 seconds (0.1#10.140)