Antara Popularitas dan Kontroversi Via Vallen

Rabu, 01 Juli 2020 - 21:30 WIB
loading...
Antara Popularitas dan Kontroversi Via Vallen
Popularitas Via Vallen berbanding lurus dengan rentetan kontroversi yang timbul. Foto/IG @viavallen
A A A
JAKARTA - Nama Via Vallen sebagai pedangdut melejit lewat lagu Sayang. Single hits itu dirilis pada 24 Februari 2017 dan sempat laris diputar di radio ataupun dibawakan di acara televisi.

Video Sayang sudah ditonton lebih dari 191 juta kali di kanal YouTube. Popularitas Via pun lambat laun semakin meningkat. Honor puluhan juta rupiah per sekali manggung membuat Via mampu membeli rumah baru di tempat asalnya, Sidoarjo, Jawa Timur.

Bukti kesuksesan dalam karier Via sebagai penyanyi memang bisa terlihat salah satunya dari rumah bergaya minimalis modern yang dibelinya. Memiliki interior mengesankan dan mewah, rumah dua lantai tersebut juga berkonsep simpel namun glamor. Rumah bernuansa putih abu-abu itu tampak elegan, dihuni oleh Via dan keluarganya. ( )

Bisa dikatakan wajar bila penyanyi bernama lengkap Maulidia Octavia ini memiliki mobil dan rumah mewah. Pasalnya, ia sudah menyandang gelar pedangdut dengan bayaran tertinggi di Indonesia.

Penyanyi kelahiran 1 Oktober 1991 ini dibayar Rp60 juta untuk satu kali tampil dengan membawakan 6-7 lagu. Berarti, rata-rata satu lagu yang dibawakan pelantun Meraih Bintang ini berkisar Rp10 hingga Rp11 juta.

Dari sisi karier, Via juga pernah berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi Penyanyi Dangdut Solo Wanita Terpopuler versi Indonesian Dangdut Awards 2017. Via bahkan disebut-sebut telah mengalahkan popularitas Ayu Ting Ting saat itu. Dara berkulit putih ini kembali menorehkan prestasi lewat kebolehannya melantunkan "Meraih Bintang" yang merupakan lagu tema Asian Games 2018.

Popularitas Via berbanding lurus dengan rentetan kontroversi yang timbul. Meningkatnya jumlah penggemar Via dibarengi dengan bertumbuhnya angka kaum pembenci atau haters. Tak jarang, aksi Via memancing para haters untuk berkomentar hingga menuai pro dan kontra dengan mereka yang mendukung sang biduan. SINDOnews coba merangkum kontroversi Via itu dari berbagai sumber.

1. Sering Silang Pendapat dengan Netizen
Via dikenal cukup berani beradu argumen dengan netizen. Salah satunya ditunjukkan Via saat meladeni komentar pedas warganet terkait isu operasi plastik di bagian pipi. Dalam salah satu postingan Via di Instagram, netizen membalas ungkapan syukurnya dengan pernyataan bersifat menyinggung. Menurut sang pemilik akun, Via dinilai tidak pantas mengimbau penggemarnya untuk selalu bersyukur karena dia sendiri dikabarkan melakukan operasi plastik.

2. Perseteruan dengan Jerinx SID karena Meng-cover Lagu Milik SID
Keputusan Via mengaransemen ulang lagu Sunset di Tanah Anarki milik band SID dengan sentuhan dangdut koplo menuai kontroversi. Aksi Via mendapat kritik tajam dari personel SID, Jerinx. Lewat media sosial, Jerinx memberikan pernyataan yang pada intinya menganggap wanita asal Surabaya itu tidak menghormati makna lagu tersebut. Tak mau konflik memanas, Via akhirnya menyampaikan permintaan maaf kepada Jerinx atas pembuatan lagu tersebut. ( )

3. Dapat Kecaman karena Sering Cover Lagu Musisi Lain
Kebiasaan Via mengaransemen lagu populer untuk dijadikan dangdut koplo mendapat reaksi negatif. Oleh netizen, Via sempat disindir lantaran belum memiliki karya sendiri, meski namanya sudah dikenal luas. Tak terima dianggap belum bisa berkarya, Via membalas cibiran netizen dengan ungkapan yang tidak kalah pedas. Via mengklaim sudah memperkenalkan tiga lagu yang murni hasil ciptaan sendiri. Pelantun Sayang ini juga meminta sang pemilik akun untuk lebih dulu memahami perbedaan penyanyi dan pencipta lagu.

4. Berseteru dengan ART
Via sempat bersitegang dengan asisten rumah tangga (ART) sendiri. Hal itu terjadi setelah ia mendapati beberapa barang pribadi serta uangnya lenyap pasca sang ART memutuskan pulang kampung. Sempat kecewa, Via kini sudah berdamai dengan ART-nya itu. Via bahkan kembali memperkerjakan ART yang sama karena sudah mengakui perbuatannya. Meski begitu, Via di sisi lain juga memperketat sistem keamanan rumah agar kejadian serupa tidak terulang lagi.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)