Studi: Komplikasi Cacar Monyet Berpotensi Sebabkan Kerusakan Jantung

Sabtu, 03 September 2022 - 16:09 WIB
loading...
Studi: Komplikasi Cacar Monyet Berpotensi Sebabkan Kerusakan Jantung
Studi ini berdasarkan dari salah satu kasus cacar monyet yang dialami seorang pria 31 tahun. / Foto: ilustrasi/reuters
A A A
STANFORD - Sebuah studi kasus baru yang baru-baru ini diterbitkan di JACC: Case Reports mengungkapkan bahwa virus cacar monyet atau monkeypox ternyata berpotensi menyebabkan kerusakan jantung pada beberapa pasien.

Studi ini berdasarkan dari salah satu kasus cacar monyet yang dialami seorang pria 31 tahun. Ketika mengembangkan miokarditis akut-radang otot jantung yang dilakukan seminggu setelah mengembangkan gejala cacar monyet.

Para ilmuwan menyebutkan, laporan kasus menunjukkan bahwa peradangan jantung mungkin merupakan komplikasi langka yang terkait dengan monkeypox.

Baca juga: Jadi Bulan-bulanan Warganet Gara-Gara Bela Anak Ferdy Sambo, Begini Penjelasan Kak Seto

Menurut spesialis penyakit menular dan ahli epidemiologi rumah sakit di Universitas Stanford, Dr. Jorge Salinas, virus lain termasuk enterovirus dan virus cacar, yang terkait dengan virus cacar monyet, diketahui dapat memengaruhi jantung.

Pasien lain yang didiagnosis dengan cacar monyet di sepanjang 2022 telah mengembangkan miokarditis. Namun, para ahli penyakit menular mengatakan jika itu kemungkinan merupakan komplikasi yang jarang terjadi.

"Ketika wabah berlanjut, kami akan mendengar beberapa kasus lagi tetapi saya tidak berharap jumlahnya besar," ujar Salinas, seperti dikutip Healthline, Sabtu (3/9/2022).

Gejala yang Dialami Pasien

Pasien, seorang pria sehat berusia 31 tahun tersebut mengunjungi klinik kesehatan pasca lima hari setelah timbulnya gejala cacar monyet.

Dalam pemeriksaan, diketahui bahwa pria tersebut telah mengalami malaise, mialgia, demam, dan beberapa lesi kulit.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2668 seconds (11.210#12.26)