5 Cara Redakan Nyeri Haid, Alami Tanpa Obat

Senin, 05 September 2022 - 06:30 WIB
loading...
5 Cara Redakan Nyeri Haid, Alami Tanpa Obat
Saat haid, biasanya perempuan merasakan nyeri di bagian bawah perut. Nyeri di bagian bawah perut ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Saat haid , biasanya perempuan merasakan nyeri di bagian bawah perut. Nyeri di bagian bawah perut ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Nyeri bisa datang sebelum ataupun saat sedang haid. Namun jangan khawatir, karena ada cara untuk meredakan nyeri haid tanpa obat, seperti dilansir dari laman Healthshots, Senin (5/9/2022).

Baca Juga: Obat Pereda Nyeri Haid Alamiah, dari Makanan hingga Olahraga

1. Gunakan Heat Pack


Heat pack atau bantalan pemanas telah digunakan untuk meredakan nyeri atau kram haid selama berabad-abad. Menghangatkan perut atau punggung dapat membantu meringankan rasa sakit karena dapat mengendurkan kontraksi otot.

Dalam The Journal of Physiotherapy yang diterbitkan pada Maret 2014 juga ditemukan bahwa panas secara signifikan mampu mengurangi kram pada haid.

2. Olahraga

Olahraga juga bisa membantu meredakan nyeri haid. Olahraga dapat memberikan suasana senang hati karena adanya pelepasan endorphin yang membantu otot-otot yang tegang menjadi rileks.

Olahraga adalah salah satu cara paling alami untuk menghilangkan rasa sakit. Selain itu, berolahraga juga dapat mengurangi stres.

Baca Juga: Menstruasi Tak Terasa Nyeri, Terapkan 6 Tips Ini!

3. Vitamin dan Mineral


Selain bergaya hidup sehat dan rutin berolahraga, vitamin serta mineral juga memengaruhi rasa nyeri haid. Apa yang Anda makan sebelum dan selama menstruasi dapat berdampak besar pada siklus menstruasi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3700 seconds (11.252#12.26)