Harga BBM Naik, Sandiaga Uno Harap Tak Terlalu Pengaruhi Terhadap Parekraf

Senin, 05 September 2022 - 20:55 WIB
loading...
Harga BBM Naik, Sandiaga Uno Harap Tak Terlalu Pengaruhi Terhadap Parekraf
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, naiknya harga BBM diharapkan tidak terlalu berpengaruh terhadap para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf). Foto/Dok.MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, naiknya harga BBM diharapkan tidak terlalu berpengaruh terhadap para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif(parekraf).

Ia menyarankan, agar pelaku parekraf tetap fokus pada pengelolaan biaya belanja. Hal ini guna memitigasi peningkatan kebutuhan hidup, akibat inflasi yang juga ikut naik.

"Intinya, kita berhemat," ujarnya dalam The Weekly Brief with Sandi Uno" (WBS) di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jakarta, Senin (05/09/2022).

Selain itu, Sandiaga juga menyarankan kepada para pelaku parekraf, agar melakukan diversifikasi terhadap produk-produk ekraf.



"Sehingga nantinya mereka akan lebih mendapatkan potensi harga yang lebih terjangkau," kata Sandiaga Uno.

Sementara itu, untuk peningkatan biaya transportasi ke sejumlah destinasi wisata yang dilalui jalur darat maupun jalur laut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan mengajukan bantuan sosial bagi para pelaku parekraf.

Terlebih, akta Sandiaga, masyarakat yang rentan memiliki pendapatan di bawah Rp3 juta, maka hal ini bisa diteruskan ke Kementerian Keuangan jika diperlukan.

Pihaknya juga berkomitmen, untuk terus hadir dengan segala upaya, meskipun di tengah-tengah keprihatinan yang terjadi belakangan ini.

Selain itu, Sandiaga juga memprediksi kenaikan harga BBM akan meningkatkan harga produk ekraf, kisaran 10-20 persen. Hal tersebut juga dikarenakan naiknya harga produksi, akibat adanya fenomena tersebut.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)