Gemar Membaca sejak Kecil Banyak Pengaruhi Cholil Efek Rumah Kaca dalam Bikin Lagu

Selasa, 06 September 2022 - 11:03 WIB
loading...
Gemar Membaca sejak Kecil Banyak Pengaruhi Cholil Efek Rumah Kaca dalam Bikin Lagu
Vokalis Efek Rumah Kaca, Cholil Mahmud ternyata memiliki kegemaran membaca sedari kecil. / Foto: Instagram @sebelahmata_erk
A A A
JAKARTA - Vokalis Efek Rumah Kaca , Cholil Mahmud ternyata memiliki kegemaran membaca sedari kecil. Bahkan, sejak usia 4 tahun, dia juga sudah terbiasa membaca koran.

Cholil juga mengakui kalau inspirasinya menulis lirik lagu justru karena banyak baca koran.

"Kalau menurut gua itu pengaruh ya dari membaca dari kecil," ungkap Cholil Mahmud, seperti dikutip dari YouTube Vindes, Selasa (6/8/2022).

Baca juga: Dipanggil Glenca Chysara dengan Sebutan Suami, Rendi John Auto Salah Tingkah

Karena sudah suka membaca dari kecil, Cholil ternyata juga menggemari komik karya dari penulis Kho Ping Hoo sampai R.A Kosasih.

"Ya dulu pas lagi puasa kan kita ada waktu senggang ya udah baca aja komik Kho Ping Hoo, R A Kosasih. Macem seperti Gundala, Mahabharata gitu juga," tuturnya.

Efek Rumah Kaca memang selama ini dikenal sebagai grup band indie yang lirik lagunya memiliki tema isu-isu sosial atau politik. Cholil juga mengatakan kalau itu tidak direncanakan dan membuat itu menjadi beda dari grup band lain.

"Kita sebenernya lebih fokus ke musik agar lebih dalam, kalau liriknya dari yang selama ini kita rasain aja. Kita juga kaget ternyata orang lebih highlight di liriknya ya," ucap dia.

"Walaupun enggak berusaha untuk jadi lebih beda, ya udah jadi kita tinggal matengin lagu aja tapi enggak ada beban," lanjut Cholil.

Band yang terbentuk sejak 2001 itu punya banyak lagu kritik sosial yang populer di kalangan Penerka (Penggemar Efek Rumah Kaca).

Baca juga: Coboy Junior Isyaratkan Comeback Minus Iqbaal Ramadhan

Beberapa di antaranya hadir dalam lagu Sebelah Mata, Mosi Tidak Percaya, Di Udara, dan Jangan Bakar Buku.
(nug)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1929 seconds (11.210#12.26)