Waspada! Hidup Berdampingan dengan Hewan Bisa Menularkan Penyakit

Rabu, 07 September 2022 - 19:05 WIB
loading...
Waspada! Hidup Berdampingan dengan Hewan Bisa Menularkan Penyakit
Hidup berdampingan dengan hewan bisa menularkan penyakit. Ini karena baik manusia maupun hewan, jika memiliki penyakit bisa saling menularkan satu sama lain. Foto/tangkapan layar YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Hidup berdampingan dengan hewan bisa menularkan penyakit. Ini karena baik manusia maupun hewan, jika memiliki penyakit bisa saling menularkan satu sama lain.

Hal tersebut terbukti dengan adanya penyakit atau virus yang berasal dari hewan. Mulai dari flu burung, penyakit mulut dan kuku (PMK), Covid-19 hingga cacar monyet.

Oleh karena itu, drh. Ana Neli Rahma menyarankan untuk menjaga kesehatan hewan-hewan. Dengan demikian, baik hewan maupun mausia bisa terhindar dari penularan berbagai macam penyakit.

"Tidak hanya hewan yang menularkan penyakit ke manusia, manusia juga bisa menularkan penyakit ke hewan," kata drh. Ana dalam Podcast Aksi Nyata dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo, Rabu (7/9/2022).



Pada dasarnya, setiap makhluk hidup berdampingan. Terlebih manusia membutuhkan hewan, begitu juga sebaliknya. Di dunia kedokteran hewan sendiri terdapat istilah 'Memakmurkan manusia, melewati hewan'.

Di mana kalimat tersebut sebagai acuan, bahwa sesama makhluk hidup harus saling menjaga. Tak hanya itu saja, peran dokter hewan juga sangat penting guna mencegah penularan dan penyebaran penyakit yang berasal dari binatang liar, peliharaan maupun ternak.

"Dokter sebagai preventif atau garda terdepan agar penyakit-penyakit itu tidak menular," tandasnya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2187 seconds (0.1#10.140)