Inilah 5 Pencipta Lagu Anak Legendaris di Indonesia

Rabu, 07 September 2022 - 21:12 WIB
loading...
Inilah 5 Pencipta Lagu Anak Legendaris di Indonesia
Pencipta lagu anak Papa T Bob ((tiga dari kiri) bersama sejumlah penyanyi cilik yang berjaya di era 1990-an. Foto/Instagram @tinatoon101
A A A
JAKARTA - Lagu-lagu anak Indonesia pernah mengalami masa jaya di era 1990-an. Sejumlah penyanyi cilik dan lagu anak bermunculan, menemani masa kecil generasi milenial. Kepopuleran lagu tersebut bahkan ikut menemani masa kecil anak-anak generasi saat ini.

Sayang, kepopuleran lagu-lagu anak mulai tergusur oleh tembang orang dewasa. Saat ini sedikit lagu anak yang dapat dinikmati, tidak seperti pada masa jayanya dulu.

Kejayaan lagu anak tentu tidak lepas dari usaha para pencipta lagu. Berikut lima pencipta lagu anak populer dan legendaris di Indonesia.

1. Pak Kasur

Soerjono atau dikenal dengan nama Pak Kasur merupakan sosok bersejarah yang menjadi tokoh pendidikan anak. Pak Kasur lahir di Jawa Tengah pada 26 Juli 1912. Dedikasinya dalam pendidikan anak dilakukan bersama sang istri, Bu Kasur.

Pak Kasur adalah sosok di balik lagu-lagu anak yang menemani masa kecil masyarakat Indonesia. Tidak sekadar menghibur, lagu anak ciptaannya juga mengandung nilai pendidikan yang mengajarkan moral dan karakter kepada anak-anak.

Lagu-lagu anak ciptaan Pak Kasur seperti Dua Mata Saya dan Topi Saya Bundar.

2. Bu Kasur

Bu Kasur, yang bernama asli Sandiah, adalah tokoh pendidikan dan seniman anak yang dikenal berkat lagu-lagu ciptaannya. Pada tahun 1950-an, dia dan suami, yaitu Pak Kasur, menjalankan program pendidikan melalui program anak yang disiarkan Radio Republik Indonesia.

Bersama suami, Bu Kasur juga mendirikan TK Mini sebagai sekolah pendidikan awal di rumahnya pada 1965. Lembaga pendidikan tersebut kini mempunyai lima cabang yaitu di Cikini, Cipinang, Pasar Minggu, Kemang, dan Banjar Wijaya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1064 seconds (10.101#12.26)