Masuk 50 Besar ADWI 2022, Sandiaga Uno Dorong Desa Campaga di Bantaeng Kembangkan Wisata Berbasis Alam

Kamis, 08 September 2022 - 13:10 WIB
loading...
Masuk 50 Besar ADWI 2022, Sandiaga Uno Dorong Desa Campaga di Bantaeng Kembangkan Wisata Berbasis Alam
Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi keberhasilan Desa Wisata Campaga masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi keberhasilan Desa Wisata Campaga masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Sandiaga berharap, pencapaian itu dapat mendorong pengembangan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) desa wisata yang berada di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Khususnya dalam pengembangan pariwisata berbasis alam.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Anugerah Desa Wisata Dongkrak Kebangkitan Nasional

Menurut Sandiaga, Desa Wisata Campaga memiliki potensi daya tarik alam yang indah dan harus dikelola dengan baik sehingga dapat memberikan manfaat yang besar terhadap masyarakat. Khususnya dalam menopang kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.

"Daya tariknya sudah kita lihat, Ekonomi kreatifnya di sini sudah bergerak, tinggal wisata alamnya ditambah agar memiliki unggulan," kata Sandiaga dalam keterangan resminya usai melakukan visitasi ke Desa Wisata Campaga, Rabu (7/9/2022).

Menurut Sandiaga, fasilitas wahana di wilayah desa ini belum terlalu banyak. Akan tetapi, sejauh ini tampak cukup membuat nyaman wisatawan yang datang ke kawasan tersebut.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Tingkatkan Layanan Keamanan di Destinasi Wisata

Sementara itu, Bupati Bantaeng Ilham Syah Azikin mengatakan, dukungan dari Kemenparekraf dapat menjadi semangat untuk membangkitkan potensi pariwisata di Bantaeng.

"Dan penetapan desa wisata ini adalah kehormatan bagi kami. Insya Allah kehormatan ini akan kami jaga untuk bangkitkan perekonomian Bantaeng," ujarnya.

Desa Wisata Campaga memiliki Hutan Campaga yang merupakan salah satu hutan lindung. Di sini terdapat Situs Babangtanggaya (Batu Keramat), pohon Erasa Lego lego (pohon beringin tertua di Hutan Campaga), dan mata air yang disakralkan bernama Mata Air Tombolo.

Selain itu, terdapat Air Terjun Simoko yang merupakan objek wisata baru dan salah satu destinasi wisata alam tersembunyi di Sulawesi Selatan. Air terjun ini menawarkan panorama air dari ketinggian 30 meter dikelilingi pohon rimbun di sekitar pancuran air.

Ada juga Kolam Pemandian Erbol dan Ertob, yang merupakan destinasi wisata air favorit keluarga. Tempat rekreasi ini tampak asri karena dekat dengan Hutan Lindung Campaga.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1701 seconds (11.97#12.26)