4 Penyebab Kolesterol Susah Turun, Anda Wajib Tahu!

Kamis, 08 September 2022 - 15:25 WIB
loading...
4 Penyebab Kolesterol Susah Turun, Anda Wajib Tahu!
Kolesterol jahat di dalam darah bisa menyebabkan plak menumpuk pada arteri. Maka itu, kolesterol ini harus segera diturunkan. Foto Ilustrasi/Search Engine Journal
A A A
JAKARTA - Kolesterol merupakan zat lilin yang berfungsi bagi tubuh untuk membentuk sel-sel baru, hormon, cairan pencernaan, dan vitamin D. Kolesterol memiliki beberapa jenis, dan tidak semua kolesterol itu berbahaya. Nah, kolesterol yang sering mendapat perhatian adalah LDL atau disebut kolesterol jahat.

Kolesterol dikenal juga dengan hyperlipidemia atau kolesterol tinggi . Kondisi ini tidak menimbulkan rasa sakit dan gejala apa pun sampai seseorang mengembangkan penyakit jantung yang parah. Banyaknya kolesterol LDL di dalam darah bisa menyebabkan plak menumpuk pada arteri (aterosklerosis). Maka itu, kolesterol jahat yang terlalu tinggi kadarnya harus segera diturunkan.



Namun, terkadang tak mudah untuk menurunkan kolesterol. Ada beberapa penyebab kolesterol ini susah turun, di antaranya:

1. Makan Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng memang nikmat. Tapi, makanan ini adalah salah satu penyebab susah turunnya kolesterol. Jika dikonsumsi secara berlebihan akan membuat kadar kolesterol dalam darah lebih tinggi.

Lebih baik mengonsumsi makanan dengan olahan rebus, kukus, atau dipanggang. Jika tetap ingin makan makanan yang digoreng, disarankan untuk ditumis saja.

2. Kebiasaan Merokok

Dikutip dari laman Alodokter, merokok bisa menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah, juga merusak dinding pembuluh darah. Disarankan bagi perokok untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok agar bisa menurunkan kolesterol, sekaligus menghindari dampak buruk kolesterol tinggi.



3. Kurang Konsumsi Sayur dan Buah


Buah dan sayur memiliki berbagai kandungan zat penting yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Seperti polifenol yang terkandung dalam stroberi, bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dan mengatur sistem pembuluh darah secara alami.

Selain itu ada tomat yang memiliki kandungan antioksidan likopen yang terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.

Alpukat yang kaya serat dan lemak juga bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dan bagus bagi jantung.

4. Kelebihan Berat Badan

Orang-orang yang rentan mengidap kolesterol tinggi biasanya memiliki berat badan berlebih karena berisiko mengalami resistensi insulin. Resisten insulin merupakan suatu kondisi di mana sel-sel tubuh menjadi kurang sensitif bagi efek penurunan glukosa pada hormon insulin.

Hal ini merupakan salah satu penyebab gangguan metabolisme kolesterol, yang bisa menyebabkan tingginya kadar kolesterol.

Salah satu penyebab resistensi insulin adalah obesitas (kelebihan berat badan). Untuk orang yag memiliki obesitas, disarankan untuk berkonsultansi dengan dokter atau ahli gizi agar bisa melakukan pola diet yang tepat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, olahraga yang teratur juga menjadi kegiatan wajib untuk menurunkan sekaligus menjaga berat badan. MG/Navizia Lovitrioktavia
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)