7 Tampilan Ikonis Ratu Elizabeth II, Nomor 6 Sempat Viral

Jum'at, 09 September 2022 - 00:54 WIB
loading...
7 Tampilan Ikonis Ratu Elizabeth II, Nomor 6 Sempat Viral
Bukan hanya seorang kepala negara, Ratu Elizabeth II juga dikenal sebagai ikon mode yang begitu menginspirasi dengan gaya kerajaannya. / Foto: Reuters
A A A
LONDON - Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun pada Kamis (9/9/2022) dinihari WIB. Banyak kenangan yang tidak bisa dilupakan dari sosok ratu kelahiran 21 April 1926 itu, terutama gaya fesyennya.

Ratu Elizabeth II tercatat sudah mengendalikan tampuk kekuasaan Kerajaan Britania Raya selama lebih dari 70 tahun sejak kali pertama dinobatkan pada 6 Februari 1952.

Bukan hanya seorang kepala negara, Ratu Elizabeth II juga dikenal sebagai ikon mode yang begitu menginspirasi dengan gaya kerajaannya.

Baca juga: BREAKING NEWS: Ratu Inggris Elizabeth II Mangkat

Sepanjang hidupnya, Ratu Elizabeth II bekerja dengan tiga desainer kerajaan di tiap masanya.

Desainer Norman Hartnell merupakan di balik sebagian besar busana awal Ratu Elizabeth II. Kemudian, dilanjutkan dengan Hardy Amies, yang menciptakan banyak ansabelnya dari 1950-an hingga 1990-an.

Terakhir, Angela Kelly yang mengambil alih sebagai penjahit warna-warni pada 2002. Dari gaun penobatan bersejarahnya hingga pakaian hijau limau yang viral pada 2018, berikut sejumlah tampilan mode ikonis Ratu Elizbeth II seperti dikutip dari laman brides.com.

1. Awal Debut (1946)

7 Tampilan Ikonis Ratu Elizabeth II, Nomor 6 Sempat Viral

(Foto: Getty Images)

Sebagai debutan muda, Putri Elizabeth II saat itu tampak sangat elegan. Dia mengenakan siluet sederhana, namun anggun dengan kain yang tampak mewah, seperti yang terlihat dalam foto tahun 1946 bersama saudara perempuannya, Putri Margaret.

2. Gaun Pernikahan Putih (20 November 1947)

7 Tampilan Ikonis Ratu Elizabeth II, Nomor 6 Sempat Viral

(Foto: Yahoo)

Sang ratu menggunakan gaya berpakaian sebagai sarana berekspresi, bahkan bertahun-tahun sebelum mengenakan mahkota. Gaun yang dikenakannya untuk pernikahannya dengan Pangeran Philip pada 20 November 1947, penuh makna.

Menurut Royal Collection Trust, mahakarya Norman Hartnell, yang menampilkan kereta sepanjang 15 kaki dengan pola bintang menakjubkan yang terinspirasi oleh lukisan Renaisans "Primavera" Botticelli, adalah simbol dari periode pertumbuhan dan kelahiran kembali Inggris setelah Perang Dunia II.

Itu juga menampilkan 10.000 biji mutiara, banyak kristal, dan kain sutra gading. Untuk sesuatu yang dipinjamnya, dia memiliki tiara Queen Mary Fringe, yang dulunya milik neneknya.

3. Debut Besar (Januari 1951)

7 Tampilan Ikonis Ratu Elizabeth II, Nomor 6 Sempat Viral

(Foto: glamour.com)

Sangratu muncul di pulau Mediterania Malta dengan rok ungu pucat dengan stola berbulu.

4. Siap Jadi Sorotan (12 Oktober 1951)

7 Tampilan Ikonis Ratu Elizabeth II, Nomor 6 Sempat Viral

(Foto: brides.com)

Putri saat itu pergi untuk penghargaan gaya tertinggi saat mengunjungi Ottawa, Kanada, pada 1951. Dia mengenakan gaun merah muda yang apik dengan menampilkan pola renda bunga di seluruh bagiannya. Dia memulai penampilannya dengan tiara Nizam dari Hyderabad dan kalung ruby, serta berlian Greville.

5. Hari Penobatan (1 Januari 1953)

7 Tampilan Ikonis Ratu Elizabeth II, Nomor 6 Sempat Viral

(Foto: Getty Images)

Norman Hartnell juga berada di balik tonggak mode besar lainnya dalam kehidupan Ratu Elizabeth II, gaun penobatannya. Diterima kerajaan sebagai desain kedelapan dari sembilan yang dibuat oleh couturier Inggris untuk acara tersebut. Ini adalah mahakarya yang membutuhkan waktu lebih dari setahun untuk diselesaikan.

Terbuat dari sutra, gaun itu kabarnya membutuhkan keahlian tak kurang dari 6 penyulam. Secara alami, karya seni seperti itu terlalu berharga untuk dikenakan. Gaun ini juga kembali dikenakannya beberapa kali, termasuk saat pidato di Parlemen pada 1954, dan sekali lagi di Kanada pada 1957.

6. Membuat Pernyataan (29 Mei 2018)

7 Tampilan Ikonis Ratu Elizabeth II, Nomor 6 Sempat Viral

(Foto: Getty Images)

Ratu Elizabeth II memilih warna ceria yakni hijau limau pada pernikahan cucunya, Pangeran Harry dengan Meghan Markle. Mengenakan Stewart Parvin dari ujung rambut hingga ujung kaki, dia menambahkan beberapa warna kontras dalam bentuk gumpalan ungu di topi Angela Kelly dan sarung tangan putihnya.

"Hijau adalah warna pertumbuhan dan kelahiran kembali," kata konsultan warna June McLeod kepada Good Housekeeping.

Baca juga: Garis Suksesi Kerajaan Inggris: Jika Ratu Elizabeth II Meninggal, Siapa yang Bertakhta?

"Seseorang yang memakai warna hijau adalah pengatur dan berhati terbuka. Hijau adalah warna yang sangat signifikan dipakai sebagai tanda hormat dan niat untuk masa depan," jelas dia.

7. Memberi Penghormatan (2 Februari 2022)

7 Tampilan Ikonis Ratu Elizabeth II, Nomor 6 Sempat Viral

(Foto: dok. Kerajaan Inggris/Reuters)

Ratu Elizabeth II memulai debut desain Angela Kelly lainnya untuk foto resmi Platinum Jubilee-nya. Memberi penghormatan kepada mendiang ibunya dalam proses dengan dua klip daun ivy yang dia berikan oleh ibu pemimpin keluarga.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2806 seconds (11.97#12.26)