Peduli Penyintas Kanker, Dewa Budjana Siap Lelang 2 Gitar Kesayangannya

Jum'at, 09 September 2022 - 20:40 WIB
loading...
Peduli Penyintas Kanker, Dewa Budjana Siap Lelang 2 Gitar Kesayangannya
Gitaris kawakan tanah air Dewa Budjana menunjukan kepedulian kepada penderita kanker dengan cara melelang dua gitar kesayangan. Foto/Thomas Manggalla
A A A
JAKARTA - Gitaris kawakan tanah air Dewa Budjana menunjukan kepedulian kepada penderita kanker dengan cara melelang dua gitar kesayangan yang mana satu gitar elektrik berkolaborasi dengan dua perupa, Putu Sutawijaya dan Eko Nugroho dan satu lagi gitar dengan penyintas kanker Sekar Jatiningrum dalam kegiatan donasi yang akan digelar pada 2 Oktober 2022 mendatang.

Gitaris band GIGI ini mengatakan kegiatan donasi dengan melelang 2 gitar kesayangan ini didasari oleh pemikiran sederhana serta niat tulus ingin memberikan semangat untuk penderita kanker yang juga dialami oleh saudara dan tantenya sehingga dia pun ingin memberikan pemahaman bahwa kanker itu kan bukan hal yang menyeramkan harus dianggap sebagai teman dan kebetulan saudara dan terakhir tante juga penyintas kanker makanya ingin berbuat sesuatu untuk penyintas kanker.

"Saya ingin melelang satu gitar elektrik dan satu gitar akustik itu. Itu gitar Kiesel yang sering saya pakai sejak 2012 ini yang dilukis oleh dua perupa, Putu Sutawijaya dan Eko Nugroho dan satu gitar akustik oleh penyintas kanker selama 10 tahun Sekar Jatiningrum. Saya pikir cuma gitar dilukis akhirnya inilah gitar yang akan dilelang tanggal 2 nanti, hasil dari donasi semua dana kita sumbangkan untuk yayasan Love pink,"ujar Dewa Budjana menjawab pertanyaan SINDOnews.com disela pameran karya seni Distrik Seni x Sarinah di kawasan Thamrin Jakarta, Jumat (9/9/2022) sore.

Gitaris kelahiran Sumba Barat, 30 Agustus 1963 ini mengaku meski terbilang koleksi gitar barunya ini hanya beberapa kali dipakai dalam konser bersama band Gigi namun tetap saja ada cerita menarik dibalik gitar ini lantaran ini pengalaman langka dan pertama kali dimana gitar ini bisa menyatukan dua perupa dalam satu gitar yang dikerjakan tahun lalu saat pandemi dan mengajak penyintas kanker selama puluhan tahun untuk ikut melukis gitar akustiknya.



"Ini merupakan hal yang langka buat saya dimana disisi atas karya Eko Nugroho dan bawah Putu Sutawijaya jadi itu sesuatu yang baru dan buat mereka juga baru berkolaborasi dalam satu frame dan satu gitarnya lagi dilelang itu belakangan yang akustik pelukisnya adalah penyintas kanker payudara sudah 10 tahun berobat sembuh ini karyanya Sekar Jatiningrum. Jadi mungkin saya rasa orang yang bisa mendapatkan gitar ini memang termasuk langka juga,"ungkapnya

Sebagai bagian menuju pelelangan 2 gitar lukis koleksinya, Budjana terlibat dalam pameran karya seni Distrik Seni x Sarinah yang bertajuk Berkelanjutan. Dalam kesempatan tersebut, Dewa Budjana memamerkan 21 gitar yang sudah dilukis oleh sejumlah perupa andal.Dewa Budjana mengungkapkan, alat musik tersebut pernah ia mainkan di beberapa pertunjukan Tanah Air.

"(Dari semua gitar yang saya miliki) Yang dilukis mungkin ada lebih dari 50 gitar. Cuma (yang dipamerkan) ada 21 gitar yang mana koleksi gitar yang dilukis dari tahun 2002 dengan melibatkan pelukis perupa terbaik yang dimiliki Indonesia," ungkap Dewa Budjana.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)