5 Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Kolesterol dan Asam Urat

Sabtu, 10 September 2022 - 07:06 WIB
loading...
5 Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Kolesterol dan Asam Urat
Ada lima ikan yang boleh dimakan penderita kolesterol dan asam urat. Ikan harus menjadi bagian dari diet asam urat karena mengandung asam lemak omega-3. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada lima ikan yang boleh dimakan penderita kolesterol dan asam urat . Ikan harus menjadi bagian dari diet asam urat karena mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kolesterol tinggi .

Namun, jenis ikan tertentu dapat memperburuk gejala asam urat. Ini karena kandungan purin yang tinggi. Ikan yang tidak termasuk dalam kategori purin tinggi mengandung senyawa purin dalam jumlah sedang, dengan 50 hingga 150 miligram purin dalam setiap 100 gram.

Sedangkan penderita kolesterol sangat dianjurkan mengonsumsi ikan berminyak yang penuh dengan asam lemak omega-3. Ini merupakan lemak baik, tidak seperti lemak jenuh yang ditemukan di sebagian besar daging.

Ikan ini harus menjadi makanan pokok semua orang lantaran menyehatkan jantung. Satu hal penting yang perlu diingat adalah cara Anda menyiapkan ikan hampir sama pentingnya dengan jenis ikan yang dimakan. Berikut daftar ikan yang boleh dimakan penderita kolesterol dan asam urat dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (10/9/2022).


1. Salmon

5 Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Kolesterol dan Asam Urat

Foto/Getty Images

Salmon adalah makanan laut yang ramah asam urat, maka sangat sehat untuk dimakan bagi orang yang hidup dengan asam urat. Itu karena manfaat penting seperti asam lemak omega 3, protein tanpa lemak, dan jumlah purin yang rendah. Oleh karena itu, mengonsumsi salmon meminimalkan risiko terkena asam urat.

Salmon kaya akan asam lemak omega 3 yang menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan ini juga bisa mengurangi kemungkinan terkena penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

2. Sarden

5 Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Kolesterol dan Asam Urat

Foto/Getty Images
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2157 seconds (0.1#10.140)