Apakah Gula Bisa Sebabkan Kolesterol? Ini Faktanya

Minggu, 11 September 2022 - 12:12 WIB
loading...
Apakah Gula Bisa Sebabkan Kolesterol? Ini Faktanya
Kolesterol kerap diidentikkan sebagai penyakit yang disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak jahat tinggi dan menumpuk di pembuluh darah. Namun, tidak banyak orang yang tahu bahwa gula juga bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Kolesterol kerap diidentikkan sebagai penyakit yang disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak jahat tinggi dan menumpuk di pembuluh darah. Namun, tidak banyak orang yang tahu bahwa gula juga bisa menyebabkan kolesterol tinggi.

Sebetulnya, kolesterol tak selalu menjadi musuh bagi tubuh. Melansir Klik Dokter, kolesterol diperlukan untuk melakukan berbagai fungsi penting di dalam tubuh, termasuk pembentukan hormon seperti hormon pertumbuhan dan hormon reproduksi.

Fungsi penting lain kolesterol di dalam tubuh adalah menjadi komponen dari hampir setiap sel. Tidak hanya itu, empedu yang dibutuhkan dalam sistem pencernaan juga terdiri dari kolesterol. Berbagai fungsi penting kolesterol ini hanya dapat dipenuhi jika jumlahnya di dalam darah mencukupi.



Jenis kolesterol yang kita butuhkan dan sifatnya baik adalah high density lipoprotein atau HDL. Di sisi lain, penting juga untuk mengetahui bahwa beberapa jenis kolesterol adalah musuh bagi kesehatan Anda atau disebut low density lipoprotein (LDL) dan trigliserida.

Baik LDL maupun trigliserida sangat berbahaya karena dapat menumpuk di pembuluh darah serta menyumbat aliran darah. Seiring waktu, tumpukan ini menjadi bom waktu yang dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung di kemudian hari.

Salah satu faktor yang diyakini memiliki dampak terbesar pada kadar kolesterol dalam tubuh adalah pola makan. Makanan tinggi lemak jahat seperti jeroan, gorengan, mentega, dan daging berlemak adalah contoh sajian yang berkontribusi terhadap tingginya kadar kolesterol jahat.

Makanan dan kolesterol adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Namun tahukah Anda bahwa selain makanan yang tinggi kolesterol, ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan jika ingin menjaga kadar kolesterol darah Anda tetap normal dan stabil.



Melansir Hello Sehat, adalah asupan gula harian yang tinggi menempatkan Anda pada risiko lonjakan kadar kolesterol darah yang lebih tinggi. Mengapa demikian?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)