Apakah Gula Bisa Sebabkan Kolesterol? Ini Faktanya

Minggu, 11 September 2022 - 12:12 WIB
loading...
A A A
Berbagai teori telah dikemukakan untuk menjelaskan hubungan antara gula dan kolesterol di dalam tubuh manusia. Teori pertama adalah, kelebihan gula yang tertelan dari makanan dan minuman dapat disimpan dalam tubuh sebagai cadangan lemak jahat dan trigliserida. Trigliserida tinggi sangat merugikan kesehatan, mengingat apa yang dapat ditimbulkannya.

Teori lain menggabungkan keduanya menjadi sindrom metabolik yang saling berkaitan. Kehadiran salah satu faktor dari sindrom ini mengundang kehadiran ‘anggota’ lain. Dalam hal ini penyakit hiperglikemia atau diabetes yang dipicu oleh ketidakseimbangan kadar kolesterol dalam darah, terutama jenis kolesterol jahat.

Mengingat bahaya kolesterol jahat dalam tubuh, ada baiknya Anda melakukan berbagai tindakan pencegahan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, gula dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Jadi menyesuaikan pola makan dan membatasi asupan gula harian adalah dua hal terpenting.

Untuk pencegahan kolesterol, konsumsilah minuman yang mengandung plant stanol ester tanpa pemanis untuk menjaga indeks glikemik tetap rendah dan bagi penderita diabetes agar tetap aman. Menghindari faktor risiko sama artinya dengan menghindari kemungkinan berbagai komplikasi di masa depan. MG/Vadma Gempita
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4190 seconds (0.1#10.140)