Mengenal Psoriasis Plak Penyakit Autoimun yang Serang Kulit, Gejala dan Penyebabnya

Minggu, 11 September 2022 - 14:54 WIB
loading...
Mengenal Psoriasis Plak Penyakit Autoimun yang Serang Kulit, Gejala dan Penyebabnya
Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang terjadi karena ada peradangan pada kulit dan menyebabkan kulit bersisik, menebal, terasa gatal, serta mudah terkelupas. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat baru-baru ini telah menyetujui izin edar obat oral baru untuk psoriasis plak dari Bristol Myers Squibb (BMS). Obat tersebut merupakan jenis obat deucravacitinib dan akan dijual dengan merek Sotyktu.

Lantas, apa itu psoriasis plak? Apa saja gejala dan penyebabnya? Berikut ulasannya, seperti dikutip dari beberapa sumber, Minggu (11/9/2022).

Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang terjadi karena ada peradangan pada kulit dan menyebabkan kulit bersisik, menebal, terasa gatal, serta mudah terkelupas. Psoriasis bisa terjadi pada siapa saja, bahkan menyerang bayi yang umumnya disebabkan karena faktor genetik. Peradangan biasanya muncul pada kulit di bagian lulut, siku, punggung bawah, serta kulit kepala.

Baca Juga: Apa Itu People Pleaser yang Dapat Berdampak Buruk pada Kesehatan Mental?

Psoriasis sendiri memiliki banyak jenis, tetapi psoriasis plak merupakan jenis psoriasis yang sering terjadi, dengan ciri khas berupa bercak kemerahan yang sedikit menonjol pada kulit. Psoriasis sering diawali dengan terbentuknya sebuah benjolan kecil yang terus memburuk dan akhirnya dilapisi oleh sisik-sisik putih, yang membuat kulit tampak bersisik dan mengelupas.

Penyebab Psoriasis

Penyebab psoriasis belum diketahui secara pasti. Namun, menurut para ahli, psoriasis terjadi karena kombinasi dari beberapa kondisi kesehatan. Penyebab psoriasis antara lain:

1. Memiliki penyakit autoimun

Dokter mengatakan bahwa psoriasis memiliki kaitan erat dengan penyakit autoimun. Sel darah putih yang seharusnya menyerang bakteri dan melawan infeksi diduga keliru menyerang sel kulit. Akibatnya, proses produksi sel kulit menjadi berlebihan. Produksi sel kulit yang terlalu cepat akan membuat penumpukan pada permukaan kulit dan menyebabkan psoriasis.

2. Faktor gen
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1585 seconds (10.101#12.26)