Apakah Ikan Tongkol Mengandung Kolesterol? Ini Penjelasannya

Minggu, 11 September 2022 - 17:55 WIB
loading...
Apakah Ikan Tongkol Mengandung Kolesterol? Ini Penjelasannya
Bagi penderita kolesterol perlu memahami kandungan gizi dari setiap ikan laut. Salah satunya ikan tongkol yang dikenal sebagai ikan tuna atau makarel (tenggiri) karena dianggap mirip. Foto/Ilustrasi/Organicfacts
A A A
JAKARTA - Bagi penderita kolesterol perlu memahami kandungan gizi dari setiap ikan laut. Salah satunya ikan tongkol yang dikenal sebagai ikan tuna atau makarel (tenggiri) karena dianggap mirip.

Sebagaimana dilansir Verywell, makarel lebih berminyak daripada tuna dan memiliki rasa yang lebih kaya tetapi lebih ringan. Lantas apakah Ikan tongkol mengandung kolesterol? berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Ikan tongkol ternyata rendah lemak, karena hampir 12 gram lemak per 100 gram porsi. Berikut rincian, informasi nutrisi disediakan oleh USDA untuk satu porsi 3,5 ons (100 gram) tongkol mentah itu mengandung:

Kalori: 189
Lemak: 11.9 g
Natrium: 89 mg
Karbohidrat: 0 g
Serat: 0 g
Gula: 0 g
Protein: 19 g

Baca Juga: 9 Cara Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat dan Menaikkan Kolesterol Baik

Sementara menurut American Heart Association merekomendasikan makan setidaknya dua porsi ikan berlemak, seperti makarel atau tongkol per minggu. Ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

"Lemak baik ini dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda," jelas keterangan dalam website WebMD, Minggu (11/9/2022).

Selain itu, ikan tongkol berperan besar dalam perkembangan otak. Studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi omega-3 laut, seperti ada diikan tongkol dapat mengurangi risiko masalah kesehatan mental seperti depresi, gangguan bipolar, dan autisme.

Sekadar informasi, untuk mengonsumsinya anda bisa menggunakan ikan tongkol kaleng sebagai pengisi sandwich atau memakannya langsung dari kalengnya. Jika makarel Anda diasap, bisa mengoleskannya di atas salad, menambahkannya ke kue ikan, bahkan menggunakannya sebagai pate atau dipanggang secara utuh (ikan segar).
(hri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3297 seconds (11.252#12.26)