Gejala dan Cara Cegah Listeria karena Ikan Asap yang Lagi Heboh di Inggris

Selasa, 13 September 2022 - 06:06 WIB
loading...
Gejala dan Cara Cegah Listeria karena Ikan Asap yang Lagi Heboh di Inggris
Pakar keamanan pangan di Inggris baru-baru ini mengungkapkan tingginya kasus keracunan Listeria pada ikan siap saji, salah satunya salmon asap. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Pakar keamanan pangan di Inggris baru-baru ini mengungkapkan tingginya kasus keracunan Listeria pada ikan siap saji, salah satunya salmon asap.

Food Standards Agency (FSA) mencatat, setidaknya terdapat delapan kasus Listeriosis di Inggris sepanjang tahun ini, salah satunya terjadi pada wanita hamil. Para ahli memberikan peringatan terkait bahaya listeriosis atau bakteri listeria pada kehamilan yang dapat menyebabkan keguguran dan sepsis berat (keracunan darah) atau meningitis pada bayi baru lahir.

Lantas, apakah sebenarnya bakteri listeria itu? Berikut ulasannya, dikutip dari beberapa sumber, Senin (12/9/2022).

Baca Juga: Apa Itu People Pleaser yang Dapat Berdampak Buruk pada Kesehatan Mental?

Bakteri listeria atau Listeria Monocytogenes adalah suatu bakteri yang dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang sakit dan lanjut usia, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Orang sehat juga dapat terinfeksi bakteri Listeria, dengan gejala jangka pendek yang muncul seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut, dan diare. Listeriosis merupakan nama penyakit yang disebabkan oleh bakteri L. monocytogenes.

Gejala Listeriosis dapat muncul kapan saja yakni antara 3-70 hari pascainfeksi bakteri Listeria, rata-rata biasanya sekitar 21 hari. Gejala umumnya yaitu demam, nyeri otot, disertai mual atau diare (kurang umum).

Jika infeksi menyebar ke sistem saraf pusat (SSP), gejala dapat mencakup sakit kepala, kaku pada leher, bingung, kehilangan keseimbangan, dan terkadang mengalami kejang.

Baca Juga: Apakah Ikan Tongkol Mengandung Kolesterol? Ini Penjelasannya

Wanita hamil yang terinfeksi bakteri Listeria biasanya akan mengalami gejala seperti flu ringan. Namun, infeksi selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran, infeksi pada bayi yang baru lahir, atau bayi lahir mati.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1749 seconds (10.177#12.26)